Bupati Kubu Raya Apresiasi Tiga Program CSR DPPU Supadio di Desa Limbung

KBRN, Kubu Raya : PT. Pertamina (Persero) Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Bandara Supadio meluncurkan tiga program Corporate Social Responsibility (CSR) diantaranya Bank Sampah Limbung Mandiri, Taman Emas (Edukasi Masyarakat) Pertamina dan Posyandu Sehat Sejahtera (Ponsera) di Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat.

Peresmian tiga program CSR PT. Pertamina DPPU Supadio ini ditandai dengan pemotongan pita Taman Emas Pertamina oleh Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH yang didampingi Ketua Dekranasda Kubu Raya Hj. Rosalina Muda Mahendrawan bersama PJS Opration Heat DPPU Supadio Dirmansyah, Camat Sungai Raya Suhari dan Kades Limbung Wiyono di Gang Aneka Desa Limbung, Senin (26/10/2020).

PJS Opration heat DPPU Supadio Dirmansyah mengatakan, CSR ini merupakan bentuk kepedulian pihaknya untuk pembinaan lingkungan, mengingat Desa Limbung akan dijadikan kota wisata di Kalbar. Selain itu letak Desa Limbung sebagai pintu masuk wisatawan dari luar daerah bahkan luar negeri di Kalbar melalui Bandara Supadio ini sudah selaras dengan program CRS Pertamina lakukan.

“Alhamdulillah, kondisi ini ada korelasinya, yang mana pemuda di Desa Limbung ini sangat progresif dan inovatif dalam mengembangkan potensi yang ada pada diri mereka untuk memajukan daerahnya, tentunya hal ini menjadi bagian penting bagi generasi muda dalam menjaga dan melestarikan berbagai budaya yang ada di Kalbar. Selain itu sesuai dengan program kami di Posyandu, tentunya kami menginginkan anak-anak di desa ini mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal sehingga tercukupi gizi dan tentunya kesehatannya juga akan terjamin dengan baik”, kata PJS Opration heat DPPU Supadio Dirmansyah usai peresmian tiga program CSR PT. Pertamina di Gang Aneka Desa Limbung, Senin (26/10/2020). 

Dirmansyah menuturkan, untuk menuju desa wisata yang maju dan sesuai program Pertamina, tentunya memerlukan peran generasi muda untuk memberikan edukasi ke masyarakat, mulai dari sejumlah informasi dan berbagai bentuk hiburan yang dinilai memiliki pengetahuan bagi masyarakat. Selain itu, pihaknya juga menginginkan agar genarasi muda di desa ini, menjadi bagian dari memberikan manfaat bagi masyarakat melalui edukasi yang disampaikan.

“Selain program Posyandu dan Edukasi Masyarakat, kita juga memiliki program pemanfaatan sampah melalui Bank Sampah Limbung Mandiri. Yang mana program ini juga menjadi bagian penting bagi kami bagaimana memanfaatkan sampah menjadi bahan yang produktif dan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat di Desa Limbung serta program ini juga sangat mendukung dalam mewujudkan desa wisata. Karena untuk menuju desa wisata, tentunya orang akan melihat kebersihan di lingkungannya sehingga akan menciptakan situasi yang nyaman dan asri di tempat wisata itu. Kalau kondisi ini sudah tercipta, maka tempat wisata itu tidak perlu di promosikan lagi, justru orang akan datang dengan sendirinya”, tuturnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Limbung Wiyono menyampaikan, saat ini bantuan CSR PT. Pertamina DPPU Supadio sudah dilakukan pihaknya bersama masyarakat Desa Limbung, baik itu Bank Sampah Limbung Mandiri, Taman Emas Pertamiana dan Ponsera. Dengan adanya 3 program CSR ini, pihaknya akan berusaha memaksimalkan dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin sehingga memberikan dampak yang besar bagi masyarakat Desa Limbung.

“Kubu Raya Menanjak, Limbung Harus Berada di Puncak, kenapa kami menggunakan slogan ini, karena Bandara Supadio berada di Desa Limbung. Menanjak sudah menjadi keharusan bagi kami sesuai tagline pak Bupati Muda Mahendrawan, akan tetapi tinggal landasnya lewat limbung, kira-kira seperti itulah maksudnya dan bukan berarti kami ingin meninggalkan Kubu Raya ketika kami sudah berada di puncak”, ucapnya.

Wiyono mengatakan, selama ini pihak pertamina sering memberikan masukan ke pihak desa terkait pontensi desa Limbung kedepannya, karena Limbung itu merupakan pintu gerbangnya Kubu Raya dan Kalbar. Tentunya dengan potensi ini, bagaimana desa Limbung bisa menjadi tempat bagi tamu-tamu di luar daerah maupun luar negeri. Karena pemuda di desanya saat ini sudah banyak yang mahir dalam berbagai jenis bahasa asing. Sehingga ketika ada warga negara Jerman yang datang, maka akan ada pemuda limbung yang akan jemput dengan berbahasa Jerman.

“Mungkin apa yang kami sampaikan ini terkesan sombong, tapi adakalanya kita memang harus bersikap sombong supaya ada semangat di dalamnya. Karena dalam penutup lagu Mark Limbung itu adalah Dharma Baktimu Untuk Negeri kita Indonesia”, paparnya.

Sementara itu Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi dan menilai 3 program CSR Pertamina DPPU Supadio ini sudah sangat tepat jika di kepung bakul kan dengan program yang sudah sangat menjadi konsen bagi Pemkab Kubu Raya seperti kesehatan ibu dan anak (program posyandu), sehingga program Pertamina ini akan menambah tajam lagi dan capaiannya pun bisa cepat dirasakan dan mendarat langsung ke masyarakat.

“Program inikan merupakan stimulan CSR yang dilakukan Pertamina, sehingga bagi Bank Sampah Limbung sangat baik dalam mendapatkan edukasi dan menjadi suatu kemandirian dalam pengelolaan sampah, apalagi desa Limbung ini sangat dekat dengan Bandara dan kreatif anak-anak muda di desa ini perlu dikawal dengan baik karena mereka merupakan aset bagi kita. Jadi bagi saya, apa yang dilakukan Pertamina melalui CSR ini, sudah sangat jelas subtantif dan mendaratnya sangat tepat serta sangat cocok dengan situasi masyarakat di desa ini”, kata Bupati Muda. 

Orang nomor satu di Kubu Raya itu menjelaskan, dalam memberikan stimulan CSR, setiap perusahaan atau BUMN harus mencocokan dengan pemetaan masyarakatnya. Apalagi di desa Limbung ini sangat multi etnis dan memiliki modal sosial yang sangat baik. Tentunya kondisi inilah yang diharapkannya, sehingga CSR yang diberikan bukan hanya sekedar-sekedar, akan tetapi memiliki nilai tambah dan hasilnya itu dapat terukur.

“Jika hal itu bisa dilakukan, maka program yang dilakukan bisa lebih masif, mendarat, terukur dan berdampak langsung ke masyarakat. Saya kira itu hal yang paling sangat penting dalam menjalankan stimulan CSR”, pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00