Target PAD Kota Pontianak Tahun 2019 Capai 101,04 Persen

KBRN, Pontianak ; Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono menyatakan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melampaui target Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun anggaran 2019 lalu. Dari sisi pendapatan, target yang ditetapkan senilai Rp1,74 triliun, sedangkan realisasinya sebesar Rp1,76 triliun atau 101,04 persen.

"Rata-rata target di atas seratus persen walaupun ada beberapa yang di bawah target tapi sebagian besar semuanya melampaui target," ujarnya saat menyampaikan pidato terhadap penyampaian Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Pontianak tahun anggaran 2019 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Pontianak, Senin (13/7).

Selain itu, pihaknya juga berhasil melakukan penghematan-penghematan. Dari realisasi pendapatan, belanja dan pembiayaan, Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) tahun anggaran 2019 sebesar Rp185,92 miliar.

"Alhamdulillah hasil audit dari BPK, kita mendapat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)," ungkapnya.

Kendati demikian ia memaparkan, laporan keuangan berbasis akrual yang disajikan Pemkot Pontianak pada tahun anggaran 2019 sesuai dengan amanat Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan mencakup tujuh komponen laporan keuangan.

"Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Arus Kas, Laporan Operasional, neraca, Laporan Perubahan Ekuitas dan Catatan atas Laporan Keuangan," pungkasnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Pontianak, Sataruddin memastikan dalam waktu beberapa hari ke depan pihaknya bersama Pemerintah Kota Pontianak akan membahas mengenai persoalan-persoalan yang menyebabkan sejumlah anggaran tidak terserap maksimal.

"Kami tinggal membahas Raperda yang telah diusulkan, nanti nya kami juga akan mencari tahu penyebab dari sisi keuangan yang tidak mencapai target", pungkasnya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00