Kubu Raya Percepat Pembentukan Lima Desa

KBRN, Kubu Raya : Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat bersama DPRD setempat terus berupaya mempercepat penyelesaian pembahasan kelima Rancangan Peraturan Dearah (Raperda) tentang pembentukan Desa di 3 Kecamatan. Pembahasan kelima Raperda tentang pembentukan Desa ini sudah sampai pada jawaban Bupati Kubu Raya menganai pandangan umum fraksi-fraksi di DPRD.

Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas tanggapan, masukan, dan saran dari delapan fraksi yang telah menyetujui untuk melanjutkan pembahasan kelima Raperda tentang pembentukan desa. 

“Kondisi ini menunjukan semangat dan konsisten kita bersama dalam mewujudkan pembentukan Desa Sukalanting Kecamatan Sungai Raya, Desa Permata Jaya Kecamatan Sungai Raya, Desa Rengas Kapuas Kecamatan Sungai Kakap, Desa Parit Keladi Kecamatan Sungai Kakap, dan Desa Padi Jaya Kecamatan Kuala Mandor B. Tentunya pembentukan 5 lima Desa ini sebagai upaya terciptanya Kubu Raya yang Bahagia, Bermartabat, Terdepan, Berkualitas dan Relegius”, ungkap Bupati Kubu Raya H. Muda Mahendrawan, SH di depan 23 dari 45 anggota DPRD yang hadir dalam Rapat Paripurna Penyampaian Jawaban Bupati terhadap Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD mengenai Pembentukan lima Desa di gedung DPRD Kubu Raya, Rabu (24/6/2020).

Bupati menegaskan, dalam merealisasi kelima Raperda ini, Pemerintah Daerah terus berlari lebih kencang, berproses lebih cepat dan bertindak lebih nyata. Untuk itu dirinya berharap, terkait hal-hal yang bersifat teknis menyangkut materi muatan kelima Raperda itu kiranya dapat dibahas secara lebih mendalam dengan steakholder dalam tahapan selanjutnya sesuai dengan meknisme yang berlaku.

“Kami juga berharap agar kedepannya kelima Raperda ini dapat ditetapkan menjadi Peraturan Daerah (Perda)  dan di undangkan dalam lembaran daerah. Terkait dengan lima Raperda ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) telah melakukan komunikasi dan koordinasi ke Pemerintah provinsi Kalbar dalam rangka memfasilitasi proses pengajuan kode desa, apabila Raperda ini telah disetujui DPRD”, tuturnya.

Bupati menyampaikan, Pemerintah Daerah secara terus menerus dan priodik melakukan evaluasi dan pembinaan terhadap semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dan aparatur yang ada untuk menjadi lebih baik dalam pelaksanaannya.

“Terkait dengan saran untuk percepatan pembentukan kelima desa tersebut, tentunya akan dijadikan motivasi bagi Pemerintah Daerah dalam melaksanakan proses pengajuan kode desa sampai dengan penetapan dan pengundangan Perda pembentukan kelima desa sesuai dengan perundang-undangan”, ucapnya. 

Di tempat yang sama, Wakil Ketua DPRD Kubu Raya Suharso mengatakan, hingga saat ini pimpinan DPRD telah membentuk Panitia khusus (Pansus) pembahasan Raperda tentang pembentukan Desa Sukalanting Kecamatan Sungai Raya, Desa Permata Jaya Kecamatan Sungai Raya, Desa Rengas Kapuas Kecamatan Sungai Kakap, Desa Parit Keladi Kecamatan Sungai Kakap, dan Desa Padi Jaya Kecamatan Kuala Mandor B.

“Pansus ini bertugas membahas, meneliiti, dan mengkaji terkait subtansi Raperda. Selain itu Pansus ini juga melaporkan hasil kerjanya pada rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kubu Raya. Selain itu, kita juga akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah agar kelima Raperda ini bisa secepatnya diibahas sehingga bisa dijadikan Perda”, paparnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00