Kebun percontohan Distan Kalbar sarana edukasi bagi petani milenial

KBRN, Pontianak : Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan TPH) Provinsi Kalbar terus mengembangkan kebun percontohan dan hal itu dimaksudkan menjadi sarana edukasi dan menarik minat petani milenial.

"Kebun demplot kita atau kebun percontohan di belakang Kantor Distan TPH Provinsi Kalbar ini adalah sebagai sarana untuk edukasi dan pembelajaran kepada para petani terutama petani milenial dan pelajar supaya kaum muda mau melaksanakan kegiatan pertanian dalam rangka pemenuhan pangan keluarga dan pangan daerah," ujar Kadistan TPH Kalbar, Florentinus Anum saat melakukan panen di kebun percontohan, Jumat (19/6).

Ia menyampaikan bahwa apalagi di masa masa pandemi COVID-19 diharapkan sarana kebun demplot ini bisa mendorong masyarakat terutama rumah tangga untuk dapat melakukan pertanaman di lingkungan rumah sendiri.

"Dengan adanya demplot di rumah tangga paling tidak bisa mengurangi kebutuhan yang ada. Terpenting juga dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan yang bergizi, berimbang dan beragam," katanya.

Ia menambahkan upaya pengembangan mandiri pangan rumah tangga supaya bisa memenuhi cadangan pangan keluarga dapat dilakukan melalui pola pengembangan kawasan rumah pangan lestari. Hal itu yang tujuannya di samping memenuhi kebutuhan pangan keluarga juga dapat menambah pendapatan dan ekonomi keluarga.

"Penyediaan pangan secara swasembada dan mandiri pada saat pandemi COVID-19 ini sangat diperlukan. Bahkan masing - masing kita dalam rumah tangga siap menyediakan kebutuhan pangan terutama untuk kebutuhan sendiri," katanya.

Upaya yang ada dan dilakukan selaras juga dengan program yang selalu dianjurkan pemerintah agar semua bisa berpartisipasi dalam penyiapan pangan.

"Pangan merupakan kebutuhan dasar masyarakat kita. Sehingga pemenuhan juga bisa dari masyarakat dan itu mewujudkan kita mandiri pangan," katanya.

Dalam kebun percontohan Distan TPH Kalbar tanaman baik pangan maupun hortikultura tersedia. Masyarakat umum bisa melihat dan belajar. Tidak jarang pelajar dari kalangan TK hingga perguruan tinggi berkunjung. Begitu juga komunitas dan lainnya belajar sekaligus praktek di sana. Pada hari Jumat, Kadistan TPH Kalbar beserta Sekdis, Kabid Hortikulturan dan lainnya melakukan panen untuk kesekian kalinnya. (rri).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00