FOKUS: #TANGGAP BENCANA

Ketapang Diguncang Gempa 5.0 Magnitudo, Ini Penjelasan BMKG

KBRN, Pontianak :Gempa bumi berkekuatan Magnitudo (M) 5.0 mengguncang Ketapang, Kalimantan Barat (Kalbar) yang terjadi pada Jumat (1/7/2022), gempa ini terjadi sebanyak 3 kali yaitu jam 05.10 WIB dan after shock sebesar 3.4 dan 3 magnitudo pada jam 5.15 WIB.

Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Ketapang Ashifq Putri mengatakan, pusat gempa berada di koordinat 2,57° LS ; 109,98° BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 119 mm arah Barat Daya Ketapang, berada di 25 km dari kota Kendawangan dan 126 km dari kota Ketapang.

“Gempa yang berkedalaman 10 km ini tidak menyebabkan atau berpotensi tsunami, gempa sebesar 5,0 magnitudo ini termasuk dalam kategori gempa ringan dan tidak menimbulkan kerusakan yang signifikan,” ujarnya.

Ashifq Putri menjelaskan gempa susulan tidak dapat diprediksi, namun dihimbau kepada masyarakat untuk waspada dan memastikan rumah atau lingkungannya aman dari gempa.

“Waspada kepada masyarakat, pastikan tempat tinggal atau lingkungan sekitar aman dari gempa seperti kemungkinan reruntuhan bangunan dan potensi-potensi lainya yang diakibatkan gempa,” jelasnya.

Sementara itu, Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana mengatakan, pihaknya sudah menurunkan anggotanya dari Polsek Kendawangan untuk melihat keadaan paska gempa bumi.

"Kami sudah memberi instruksi kepada Kapolsek Kendawangan untuk turun ke lapangan untuk meninjau keadaan paska gempa bumi, menenangkan masyarakat dan menghimbau untuk tidak mempercayai informasi-informasi yang tidak jelas sumbernya, cari sumber yang jelas seperti BMKG," ujarnya.

Laporan M. Naufal

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar