Migrasi TV : Penyaluran Set Box Gratis Diharapkan  Tepat Sasaran                            

KBRN, Pontianak :  DPRD Kabupaten Bengkayang meminta agar pemerintah kabupaten (Pemkab) Bengkayang melalui dinas terkait, mulai melakukan sosialisasi rutin terkait kebijakan migrasi televisi analog ke digital kepada masyarakat.                                                                          

Terlebih terkait adanya rencana penyaluran bantuan alat Set TopBox (STB) gratis untuk masyarakat kurang mampu, mesti dipastikan tepat sasaran.                                                                                                                                                                                                                   

Hal itu disampaikan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkayang, Jonedhi. Ia yang menilai sampai saat ini masih banyak masyarakat yang belum mengetahui atau belum memahami kebijakan migrasi saluran televisi.

"Terutama masyarakat di pedalaman. Sementara kita tahu, televisi menjadi sarana informasi utama bagi masyarakat yang tinggal di perkampungan," jelas Jonedhi, Selasa (28/6/2022).                                                                                                                                                                                                                

Jonedhi menilai, kebijakan migrasi saluran televisi merupakan salah satu upaya pemerintah memberikan inovasi diera digitalisasi. Kebijakan itu dinilai baik. Namun belum disertai dengan pemahaman informasi yang masif dan merata kepada seluruh masyarakat.

"Karena pada dasarnya, sosialisasi secara ekstra perlu dilakukan pemerintah, agar masyarakat paham maksud dan tujuan migrasinya saluran TV analog ke digital tersebut," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, penghentian siaran televisi analog (Analog Switch Off/ASO) akan dilakukan melalui tiga tahap.Tahap pertama, dilakukan pada 30 April 2022 untuk 56 wilayah siaran di 166 Kabupaten/kota. Tahap kedua, dilakukan pada 25 Agustus 2022 untuk 31 wilayah siaran di 110 kabupaten/kota. Serta tahap ketiga akan dilakukan pada 2 November 2022 untuk 25 wilayah siaran di 65 Kabupaten/kota.

Selanjutnya, untuk mengakses siaran televisi digital, terdapat dua cara yakni, dengan menggunakan tambahan alat Set Top Box (STB) dan dengan cara membeli langsung saluran telivisi digital sekaligus perangkatnya.

"Dari yang saya baca, pemerintah sendiri telah membuat skema memberikan bantuan alat STB kepada masyarakat kurang mampu. Tentunya dengan syarat tertentu," tuturnya.

Sementara untuk Kabupaten Bengkayang, Jonedhi meminta agar alat STB itu didistribusikan kepada masyarakat yang benar-benar berhak menerimanya, dalam waktu dekat. Salah satu upaya yang dilakukan bisa dengan menggandeng pihak ketiga.Jonedhi juga meminta agar pembagian STB gratis tersebut jangan sampai justru dinikmati orang yang mampu karena alasan tertentu.

"Mohon perhatikan aspek sasaran penerima STB gratis ini, agar tepat sasaran. Harus mengutamakan kalangan masyarakat yang kurang mampu," pesan Jonedhi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar