Panen Meningkat 100%, PLN Bantu Komunitas Petani KOMPAS Melalui Electrifying Agriculture

KBRN, Pontianak : Untuk membantu pemasaran dan peningkatan hasil panen para petani sayur manyur serta perikanan di Sintang, PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Bagian Barat (PLN UIP KLB) menyalurkan bantuan Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN Peduli kepada Komunitas Petani Milenial Sintang (KOMPAS) yang berlokasi di Desa Kunyai, Kecamatan Sungai Tebelian. (25/6)

Secara seremonial, bantuan diserahkan langsung oleh Hendri Iriawan, Manager Unit Pelaksana Proyek Kalbagbar 1 Pontianak kepada Juwita, Ketua KOMPAS.

Bantuan PLN Peduli yang disalurkan adalah bantuan peralatan-peralatan penunjang pemasaran, antara lain mesin pengemas sayuran, mesin pencetak logo, lemari pendingin_¬showcase_, dan lain sebagainya.

Pada tahun sebelumnya KOMPAS telah menerima bantuan pembangunan green house yang dilengkapi dengan fasilitas instalasi kelistrikan yang dibutuhkan dan pelatihan budidaya tanaman hidroponik.

“Kami berterima kasih dan bersyukur atas bantuan dari PLN ini, karena sangat membantu kami dalam peningkatan jumlah panen. Sebelumnya kami hanya bertani sayur mayur dan beternak ikan secara konvensional. Dengan bantuan PLN kami bisa melakukan pertanian terpadu, berupa budidaya sayur mayur secara hidroponik dan beternak ikan dalam green house,” ujar Juwita bersemangat.

Juwita mengungkapkan, komunitas petani ini memiliki 10 lokasi budidaya sayur mayur yang tersebar di Sintang, salah satu di antaranya merupakan lokasi green house hidroponik yang dibangun oleh PLN. “Secara konvensional, di satu lokasi kami hanya mampu mendapatkan hasil sebanyak 15 kg dalam satu kali panen, kini kami bisa memperoleh hasil panen hingga 30 kg,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Hendri menjelaskan bahwa pihaknya berharap agar bantuan ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh masyarakat sehingga dapat memberi tambahan pemasukan bagi masyarakat.

“Tahun ini kami memberikan bantuan untuk membantu pemasaran dan untuk menjaga keawetan hasil panen sayur mayur dan ikan dari komunitas KOMPAS ini. Selain bantuan peralatan pemasaran ini, PLN akan mengadakan pelatihan pemasaran bagi anggota komunitas, agar hasil panen yang melimpah ini dapat dipasarkan secara luas sehingga mampu meningkatkan pendapatan dari para anggota,” jelas Hendri.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar