Pemerintah Perlu Memikirkan Transportasi Massal Solusi Atasi Kemacetan Di Jembatan Kapuas I

KBRN, Pontianak: Transportasi Massal saat ini dipandang sebagai salah satu solusi dalam mengatasi dampak kemacetan lalu-lintas yang terjadi di Kota Pontianak. Meski terjadi pada jam-jam tertentu, namun terkadang kemacetan bisa terjadi cukup parah, terutama di Jembatan Kapuas I, dimana diakibatkan meningkatnya volume kendaraan, sedangkan kapasitas jalan tidak memungkinkan untuk diperluas.

"Tentu saja hal ini memerlukan solusi untuk diatasi bersama. Oleh karena itu, sudah saatnya pemerintah memikirkan solusi dalam mengurai kemacetan dengan menerapkan transportasi massal di Kota Pontianak,"ungkap Wakil Ketua Umum Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) Kalimantan Barat Rizal Edwin, Jum'at (27/05/2022).

Sebagai kota metropolitan masa depan, tambah Edwin, kemacetan lalu-lintas memang sangat penting dan mendesak untuk segera dicarikan pemecahan masalahnya. Dirinya menawarkan solusi dalam mengurai kemacetan lainnya, terutama khusus Jalan Ahmad Yani I arah depan Kantor DPRD Provinsi Kalimantan Barat, dimungkinkan untuk dibangun Jalan Layang membentang hingga kedepan Vihara terbesar di Kuburaya.

"Saya berpikir bagaimana, Jalan Ahmad Yani depan DPRD Kalbar itu dibangun jalan layang hingga depan Vihara Kuburaya. Jadi, simpang Polda itu tidak ditutup, tapi di lihat dulu kekuatan tanahnya. Saya rasa bisa lah dibangun itu,"pikirnya.

Menurut Edwin, Kalbar cukup banyak bertebaran para ahli yang bisa memikirkan masalah kemacetan ini, hanya saja terbatas pada kewenangan. Tidak salahnya pemerintah menggandeng para pemikir ini, untuk bersama-sama memecahkan masalah lalu-lintas di Kota Pontianak agar lebih lancar dan tertib.

"Hanya saja mereka ini terbatas saja, mereka bukan pejabat, walikota atau dewan, tapi mereka hanya bisa menyampaikan pemikiran-pemikiran mereka saja untuk memecahkan masalah bersama-sama,"tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar