Gubernur Sutarmidji, KTT Y20 Presidensi G20 Indonesia Jadi Tantangan Perwakilan Kalbar

KBRN, Pontianak: Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji saat menghadiri Indonesian Youth Diplomacy (IYD) Road to Campus: Sosialisasi  dan Pengenalan KTT Y20 Presidensi G20 Indonesia di Gedung Konferensi Universitas Tanjungpura Pontianak mengungkapkan, pihaknya mengapresiasi terhadap kegiatan Indonesian Youth Diplomacy dalam upaya mensosialisasikan dan mengenalkan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20 Presidensi G20 Indonesia di Pontianak.

Gubernur mengatakan, menjadi tantangan bagi anak-anak muda di Kalbar guna mengeksplor isu isu di Kalbar dalam pertemuan-pertemuan tingkat dunia, mengenai bidang ekonomi sosial budaya dan sebagainya.

“Akan menjadi tantangan bagi pemuda atau mahasiswa kita untuk menyuarakan berbagai isu yang ada di Kalbar. Jadi saya mendukung kegiatan ini dan nanti akan ada dikirim ke Kaltim 3 orang perwakilan dari Kalbar,” ujarnya Senin (16/05/2022).

Di lain kesempatan, Gubernur Sutarmidji berharap Tim KTT Y20 Presidensi G20 Indonesia Kalbar bersedia berbagi masukan dan isu penting di Kalbar dalam diskusi bersama. Menurut gubernur, berbagai potensi di Kalbar harus ditampilkan supaya menjadi upaya perbaikan-perbaikan bagi Indonesia.

“Potensi Kalbar harus disampaikan, supaya menjadi bagian dari perbaikan-perbaikan bagi Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia IYD Road to Campus Y20 Reihan Abrari Ramadhan mengatakan, kegiatan ini bagian dari Roadshow Indonesian Youth Diplomacy dimana merencanakan dan menyerap aspirasi anak muda untuk menyuarakan isu-isu yang ada di Kalimantan Barat khususnya isu isu internasional yang berkaitan dengan Indonesia.

“Jadi kita merencanakan anak muda semua agar bisa menyuarakan terhadap isu-isu yang ada di Kalbar, khususnya isu-isu internasional yang berkaitan dengan negara kita,” paparnya.

Reihan menuturkan, salah satu isu penting yang masih hangat dibicarakan di Kalbar adalah Sawit dan sumber daya yang masih dapat diunggulkan. Selain itu, salah satu hal penting yang menjadi fokus untuk diperjuangkan adalah suara anak muda, karena saat ini persaingan sumberdaya manusia antar provinsi di Indonesia  sangat lah ketat.

“3 orang perwakilan dari Kalbar akan dikirim ke Balikpapan Kaltim untuk mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi Y20 Presidensi G20 Indonesia, Sabtu 21 Mei 2022 mendatang di Balikpapan Kaltim. Mereka disana akan menyuarakan isu-isu yang ada di Kalbar beserta datanya,” pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar