Seorang PMI Masuk Ke Kalbar Positif Covid 19 Varian Omicron

KBRN, Pontianak : Seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang masuk ke Kalimantan Barat (Kalbar) melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong dinyatakan positif Covid-19 varian Omicron. Sampel PMI tersebut diambil pada 23 Desember 2021 dan baru dipastikan Omicron setelah hampir satu bulan.

Wakil Ketua Satgas Covid-19 Kalbar Harisson, menjelaskan, kepastian PMI tersebut terkonfimasi virus Omicron baru diterima hari ini melalui surat Balitbangkes Jakarta tertanggal 20 Januari 2022.

“PMI yang dinyatakan positif Omicron itu merupakan laki-laki berusia 43 tahun. Ia adalah warga luar Kalbar tepatnya Warga Kabupaten Banteang, Sulsel yang dipulangkan dari Sarawak, Malaysia lewat Kalbar,” jelas Horisson, Jumat, (21/01/2022).

Kronoligisnya lanjut Horisson, pria ini masuk ke PLBN pada 23 Desember 2021 dan langsung dilakukan pengambilan swab PCR oleh Lab PCR KKP Entikong. Di hari yang sama pula sekitar pukul 17.00 WIB, yang bersangkutan bersama rombongan PMI lainnya dikirim ke Pontianak untuk proses karatina menggunakan bus Satgas Covid-19 perbatasan. 

“Hasil Lab PCR dari Lab KKP Entikong keluar hari itu juga pukul 23.00 WIB dan dinyataka positif,” terangnya. Selanjutnya yang bersangkutan tiba di Pontianak dan langsung diisolasi di Upelkes selama 10 hari sesuai protokol yang berlaku. Selanjutnya pada 28 Desember 2021 sampel kiriman dari KKP Entikong itu dites dengan kid khusus Omicron di Lab Untan, namun hasilnya Non Probable Omicron.

Meski demikian sampel tetap dikirim ke Balitbangkes untuk diproses Whole Genome Sequencing (WGS) agar memastikan apakah terpapar Omicron atau tidak. Pengiriman Sampel WGS ke Balitbangkes dilakukan pada 29 Desember 2021.

Sambil menunggu hasil dari Balitbangkes, pada 30 Desember 2021 yang bersangkutan dilakukan swab PCR kembali dan hasilnya sudah negatif Covid-19. Lalu pada 3 Januari 2022, sudah dipulangkan ke daerah asalnya di Sulsel.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar