PKK Se Kalbar Serentak Tanam Sejuta Pohon Untuk Penghijauan Dan Cegah Banjir

KBRN, Pontianak: Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat bersama dinas terkait dan para stakeholder serta TNI Polri menggelar bhakti sosial Penanaman Sejuta Pohon serentak di seluruh kabupaten kota di Kalbar, serangkaian Peringatan HUT Ke 65 Pemprov Kalbar pada 28 Januari 2022 mendatang. Kegiatan ini dipusatkan di Jalan Paralel Sungai Raya Dalam di depan Masjid Ikhwanul Mukminin dan di ikuti oleh 6 kecamatan di Kota Pontianak.

“Penanaman sejuta pohon ini bertujuan untuk melestarikan lingkungan agar tetap asri dan mengurangi dampak pencemaran udara, serta mencegah terjadinya bencana banjir khususnya di daerah yang rawan terjadi banjir,” ungkap Ketua TP PKK Provinsi Kalimantan Barat Lismaryani Sutarmidji Jum’at (21/01/2022).

Ditempat yang sama Walikota Pontianak Edi Rusdi Kamtono menegaskan, kegiatan ini  memberikan motivasi bagi Pemkot Pontianak untuk menjadikan kota Pontianak khususnya menjadi lebih hijau. Karena, visi kota Pontianak Kota Khatulistiwa Yang Berwawasan Lingkungan Cerdas dan Bermartabat. Terutama, di visi misi kelimanya mewujudkan kota yang bersih hijau aman tertib dan berkelanjutan.

“Penanaman pohon ini harus dijadikan gaya hidup kita, supaya kota ini lebih hijau. Karena dengan hijaunya kota, akan memberikan kenyamanan bagi hidup kita,” harapnya.

Lebih lanjut Edi mengutarakan, berdasarkan teori informasi dan penelitian satu pohon bisa menghasilkan 1,2 Kilo Oksigen perhari terutama pohon Trembesi yang paling besar produksinya. Sementara manusia 1 hari memerlukan 0,5 kilo gram oksigen. Dengan demikian dari satu pohon itu, bisa memberikan nafas atau oksigen kepada dua orang atau lebih.

“Terbukti dengan banyaknya pohon, telah memberikan manfaat, pertama selain udara menjadi lebih segar lebih teduh, dan bisa menciptakan lingkungan yang lebih teratur dan menghilangkan kekumuhan. Tidak dipungkiri, tantangan dalam menanam pohon ini seperti merawat memang perlu komitmen dan tekad bersama,” tutupnya.

Khusus di Kota Pontianak, penanaman pohon dipersiapkan sebanyak 1500 buah pohon. Pada kesempatan itu, masing-masing 6 kecamatan di Kota Pontianak menanam secara simbolis menanam 20 buah pohon dengan jenis Trembesi, Sengon, Akasia, Mahoni dan lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar