IKM Kalbar dan Kota Pontianak Launching Tiket Syurga Pengadaan Ambulance

KBRN, Pontianak : Ikatan Keluarga Minang (IKM) merupakan organisasi yang dibentuk oleh Ketua Umum Fadlizon dengan tujuan untuk menyatukan orang Minang di perantauan. Karena orang Minangkabau di Indonesia ini banyak menyebar, sehingga orang Minang bagaimana bisa bersilaturahmi yang baik dan dapat bergotong royong. IKM sendiri ada beberapa Devisi, diantaranya Devisi Agama, Devisi Sosial, Devisi Ekonomi dan Usaha yang pada prinsipnya devisi-devisi ini dibentuk adalah ingin memajukan, khususnya orang Minang di perantauan dan berbagi dengan warga setempat serta bekerjasama dengan pemerintah. 

“Nah langkah yang kita bikin dalam program jangka pendek yang sedang berjalan sekarang adalah Jumat berkah, jadi bagaimana orang Minangkabau di perantauan ini  bisa lebih akrab lagi dengan masyarakat dengan mengajak makan bersama setelah melaksanakan sholat Jumat,”jelas Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kota Pontianak Hendri Rivai, di sela-sela Tausiah Singkat Bersama Buya Razzy DR. Arazzy Hasyim, Lc., MA. dan Doa Selamat Ikatan Keluarga Minang (IKM) Kalbar dan Kota Pontianak sekaligus Launching  Tiket Syurga Pengadaan Ambulancedan Kota Pontianak, di Sekretariat DPD IKM Kota Pontianak, Rabu (19/1/2022).

Lebih lanjut Hendri Rivai mengatakan untuk Jumat Berkah ini dilakukan untuk saat ini masih fokus di wilayah  Kota Pontianak setiap hari Jumat untuk mengajak fakir miskin, kaum duafa, yatim piatu  dan segala macam, makan bersama  setelah sholat Jumat dan program ini dilakukan sepekan sekali dan sudah berlangsung sebanyak sembilan kali.

“Alkhamdulilah kini sudah pekan yang ke Sembilan, dimana kita gilir programnya kita makan di setiap Kecamatan, lokasinya bisa di pasar Tengah, Masjid  di Jeruju, di Sekretariat IKM jalan Cendana 37 dan rencana di  minggu depan kita akan melakukan Jumat Berkah itu di daerah Kecamatan Kota Pontianak,"tutur Henri Rivai.

Menurutnya manfaat kegiatan ini, terutama dapat bersilaturahmi dengan orang Minang karena jujur saja terkumpulnya dana ini bukan dana dari Ketua IMK kota saja tetapi dana  yang dikumpulkan dar partisipasi orang Minang dan dana orang-orang atau masyarakat umum lainnya yang memang ingin berpartisipasi dengan IKM, dan IKM Kota hanya mengakomodir dan  mengorganisir  serta mendistrubusikan dalam kegiatan sosial atau tepatnya merupakan kepedulian orang-orang Minang di perantauan.

“Selanjutnya saat ini kita lagi menggalang dana untuk pengadaan Mobil Ambulance dimana sebagai orang Minang di perantauan upaya dilakukan dengan meluncurkan pembelian  Tiket Surga per lembarnya Rp100.000 yang kita sebar ke warga masyarakat Minang dengan tujuan akan didapat sejumlah dana untuk pembelian  satu unit mobil Ambulance IKM Kota Pontianak, "harapnya.

Ia mengatakan, fungsi ambulance itu sendiri akan digunakan untuk semua masyarakat dan tidak hanya orang Minang saja, sehingga jika ada masyarakat yang membutuhkan ambulance, IKM siap memberikan pelayanannya secara gratis. Selain program-program tersebut, IKM Pontianak dan Kalbar juga ada lagi beberapa program lainnya yang akan disiapkan dalam tahun ini.

“Alkhamdulilah khusus untuk kupon pembelian mobil ambulance yang sudah kita cetak dan sudah ada sekitar Rp30 juta dibeli oleh warga Minang dan juga masyarakat umum yang diberikan kepada kita,”ucapnya.

Lebih lanjut Rivai mengatakan untuk di Kalimantan Barat sendiri, pengadaan mobil ambulance oleh IKM ini adalah yang pertama dimana IKM sedang menciptakan karya anak Minang, tetapi tidak menutup kemungkinan dari luar Minang mau bersedakah dengan membeli Tiket Surga itu akan tetap diterima.

Mengenai rangkaian kegiatan Buya Razzy di Kalbar sesuai data yang kami dapat pada tanggal 19-20 Januari 2022 beliau memberikan ceramah bertema Raihlah Dakwah, yaitu berupa Tausiah Singkat dan doa Bersama. Sementara di Rabu malam memberikan Kajian di masjid Raya Mujahidin pada Ba’da Maghrib pukul 20.00 Wib dan Selanjutnya menyampaikan Kajian di Surau Jamiatul Qura’ jalan Tritura Gang Angkat pukul 21.00-22.00 Wib.

Selanjutnya pada Kamis 20 Januari 2022 melaksanakan Sholah Subuh berjamaah dan kajian di Masjid Raya AL-Falah Mempawah dan sore harinya  sholat Ashar berjamaah dan dilanjutkan tausiah di  Rutan Sambas pukul 15.00-selasai dan dilanjutkan  Sholat isya berjamaah dan tausiyah di masjid Babbul Jannah pukul 19.00 Wib. Pagi harinya melaksanakan Sholat Subuh berjamaah yang dilanjutkan Kajian yang dilaksanakan di Masjid Singkawang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar