Jaga Tetap Higienis, Pengawasan Buah Impor di Kota Pontianak Rutin Dilakukan

KBRN, Pontianak : Kepala Dinas Pangan, Pertanian, dan Perikanan Kota Pontianak, Bintoro memastikan hingga kini pihaknya tetap rutin mengawasi buah impor yang beredar di kota Pontianak guna menjaga kualitas buah tetap higienis dan aman untuk dikonsumsi masyarakat.

“Pengawasan ini utamanya dilakukan terhadap asal tumbuhan yang dilaksanakan oleh petugas Pengawas Mutu Hasil Pertanian (PMHP) Petugas itu nantinya akan melakukan riset bekerjasama dengan BPOM, Balai Penelitian Tanaman Industri dan Penyegar (Balittri), dan Untan,” katanya, Minggu (16/1/2022).

Khusus buah impor, dikatakan Bintoro pengawasan itu dilakukan sebanyak enam kali dalam setahun untuk memeriksa zat-zat berbahaya yang biasanya terkandung dalam buah impor.

“Untuk jenis-jenis buah impor yang didatangkan ke kota Pontianak diantaranya buah pir, apel, jeruk Sunkist, kurma kering, dan anggur. Sedangkan untuk jenis buah lokal diantaranya mangga, melon, semangka, dan jeruk madu serta keprok,” ungkapnya.

Bintoro mengimbau kepada masyarakat untuk mencuci dan mencelupkan buah itu di air hangat guna menghilangkan zat berbahaya sebelum mengkonsumsi buah-buahan impor tersebut.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar