Pemkab Sambas Luncurkan Website Satu Data Sambas

KBRN, Pontianak : Pemerintah Kabupaten Sambas meluncurkan situs web Satu Data Sambas sebagai informasi bagi seluruh pemangku kepentingan terkait dan untuk menentukan arah pembangunan ke depan. 

Peluncuran website Satu Data Sambas tersebut sekaligus sosialisasi program Satu Data Indonesia (SDI) yang merupakan bentuk tata kelola data pemerintah. Di mana tujuannya untuk menciptakan data yang berkualitas, mudah diakses oleh antar instansi dan masyarakat.

Wakil Bupati Sambas, Fahrur Rofi mengatakan, website Satu Data Sambas akan menjadi muara di mana data yang terkumpul dalam satu tempat bisa dibagi pakaikan oleh instansi manapun dan siapapun.

"Peluncuran website Satu Data Sambas ini tujuannya agar pemerintah daerah bisa menyediakan data yang berkualitas, mudah diakses, dan dapat dibagipakaikan antar instansi manapun sampai masyarakat. Bagi pemerintah, satu data adalah penentu arah pembangunan ke depan," kepada RRI melalui Humas Pemkab Sambas Rabu (8/12/2021)

Dikatakan, muara Satu Data Sambas merupakan langkah awal pemerintahan dalam membangun daerah tidak sekedar dengan pendapat saja namun berdasarkan data yang ril dan saling berkesinambungan.

"Hari ini, kita mulai membangun Sambas, tidak hanya dengan sebuah pendapat saja, namun dengan data. Pendapat itu baik, tapi harus sesuai dengan data. Ke depan, semuanya harus saling terkoneksi," harapannya.

Fahrur Rofi berharap, forum satu data tersebut harus lengkap mulai dari desa, kecamatan sampai kabupaten. Dia berhutang akan memonitor langsung forum satu data tersebut.

"Agar pembangunan bisa nyambung, data harus lengkap, dari desa sampai kabupaten. Supaya pembangunan kita bisa terarah dan idak ada lagi leading sektor yang berjalan sendiri-sendiri. Semuanya harus nyambung berdasarkan data yang ada," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar