Bupati Ketapang Apresisasi Peran dan Fungsi Pers

KBRN, Pontianak: Wakil Ketua DPRD Ketapang menghadiri HUT ke 2 Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) dan Fokus Group Discussion, Rabu (08/12/2021) di salah satu Hotel di Ketapang. 

HUT ke 2 Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) dan FGD mengusung tema "Kebebasan Pers yang Tidak Bablas".

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Ketapang Martin Rantan S.H., M.Sos, Wakil Ketua DPRD Ketapang H. Mat Hoji, SE, Dandim 1203/ Ktp Letkol Kav. Suntara Wisnu, SH., M Sc, Danlanal Ketapang Letkol Laut (P) Abdul Rajab B A,M Tr.Hanla CTMP, Kapolres Ketapang AKBP Yani Permana, S.Ik M.H, Sekretaris Daerah Ketapang Alexander Wilyo, S. STP, M.Si, Para Pengurus AJK Ketapang serta undangan lainnya.

Mengawali sambutannya, Bupati Ketapang Martin Rantan mengucapkan selamat hari ulang tahun ke-2 AJK dan sukses atas pelaksanaan FGD.

"Kemudian tidak lupa saya ucapkan terima kasih kepada panitia yang telah mempersiapkan FGD pada pagi hari ini dengan tetap mematuhi protokol kesehatan hingga dapat dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan," ujar Martin.

Ia memaparkan pengertian pers menurut Undang-Undang No. 40 Tahun 1999 adalah komunikasi massa lembaga sosial yang dan melaksanakan wahana kegiatan jurnalistik dan meliputi : mencari, memperoleh, memiliki, menyimpan, mengolah dan menyampaikan informasi, baik dalam bentuk tulisan, suara, gambar, suara dan gambar, serta data dan grafik maupun dalam bentuk lainnya dengan menggunakan media cetak, media elektronik, dan segala jenis saluran yang tersedia. Secara umum peran dan fungsi pers adalah menyiarkan informasi (diseminasi), mendidik (edukasi), menghibur (entertain) dan kontrol sosial (social control).

Dalam dinamika perpolitikan negara kita, lanjutnya, khususnya di wilayah Kabupaten Ketapang, secara fungsi pers juga berperan sebagai pilar demokrasi yang ke-empat yakni kontrol sosial. Kemudian, dalam trias politica Indonesia, terdapat tiga (3) pilar demokrasi yaitu legislatif, yudikatif, dan eksekutif.

Eksistensi pers memang bukanlah sebuah bagian dalam struktur pemerintahan, namun sumbangsih dan pengaruhnya dalam dinamika kehidupan berbangsa dan bernegara sangat signifikan.

Peran dan khususnya kontribusi jurnalis di Ketapang, yang tergabung dari Aliansi Jurnalis Ketapang (AJK) dalam pembangunan sangat terasa, membantu pemerintah dalam menyampaikan informasi publik dengan baik.

Pandangan Pemerintah Kabupaten Ketapang terhadap dinamika pers di Ketapang sampai saat ini masih positif. walaupun masih terdapat oknum-oknum yang mengatasnamakan pers, namun hal ini masih dalam batas kewajaran.

"Untuk mengantisipasi oknum tersebut, kami mengajak semua pihak untuk bersinergi dalam upaya meningkatkan literasi, khususnya di dunia jurnalistik," terang Martin.

Di akhir sambutanya, bupati menyatakan pemerintah sangat mendukung dan mengapresiasi segala bentuk peran dan fungsi pers di Kabupaten Ketapang.

"Sebagai bukti konkritnya, Pemerintah Kabupaten Ketapang tidak pernah melakukan "pembredelan" ataupun melakukan tindakan-tindakan inkonstitusional terhadap dunia pers di Kabupaten Ketapang," pungkas Martin.

Sumber: Muhammad Saad-HumproDPRD Ketapang 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar