Stasiun Meteorologi Kelas IV Maritim Kalbar Prediksi Banjir ROB Hingga 11 Desember 2021

KBRN, Pontianak : Stasiun Meteorologi Kelas IV Maritim Kalimantan Barat memprakirakan  mulai Minggu beberapa wilayah di Pontianak dan sekitar mengalami genangan akibat adanya banjir rob. “Banjir rob ini diakibatkan oleh pasang surut  air laut sebagai akibat adanya gaya grafitasi bumi dan bulan,”jelas Kepala Stasiun Meteorologi Kelas IV Maritim Kalbar, Slamet Wiyono kepada RRI, Senin (6/12/2021).

 Menurut Slamet Wiyono, pasang surut air laut akibat gravitasi bumi dan bulan ini sebetulnya terjadi secara continue tiap bulan, ada saatnya mengalami pasang dan kemudian  ada saatnya mengalami surut mengikuti fase-fase bulan.

”Akan tetapi pada saat ini, fase bulan bersamaan  terjadinya bulan berada pada jarak terdekatnya dengan bumi, di sisi lain kondisi gelombang tinggi juga mengakibatkan hempasan air laut bisa semakin jauh masuk ke daratan, dua hal inilah yang menyebabkan peningkatan ketinggian pasang maksimum yang lebih tinggi dari biasanya, berdasarkan  prediksi pasang surut dari angkatan laut , pasang maksimum di Pontianak sampai dengan tanggal 11 desember 2021 dan terjadi pagi hingga tengah hari,”paparnya.

Slamet Wiyono mengatakan, kondisi secara umum dapat mengganggu keseharian masyarakat, baik itu di Pelabuhan maupun diseputar pesisir dan bantaran sungai, sehingga masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum serta memperhatikan update  informasi cuaca maritime BMKG melalui WA maupun media sosial  di @infobmkg.maritimkalbar atau di WA 08989111213.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar