Kota Pontianak Miliki Rencana Detail Tata Ruang dan WIlayah

KBRN, Pontianak : Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Kota Pontianak Firayanta menjelaskan secara nasional provinsi hingga kabupaten dan kota mempunyai aturan terkait pengaturan ruang meliputi ruang udara, laut dan daratan yang aturan tersebut diatur dalam kenentuan rencana tata ruang dan wilayah, disusun secara hirarki mulai dari nasional provinsi dan kabupaten Kota

Menurut Firayanta untuk kota Pontianak rencana tata ruang wilayah telah ditetapkan melalui Perda  No 2/2013 untuk masa rencana 20 tahun terhitung sejak 2013 hingga 2033 dan rencana ini masih bersifat umum belum detail.

“RTRW ini masih rencana umum, aturan mengamanahkan kita harus menyusun yang lebih detail lagi yakni rencana detail tata ruang dan wilayah Kota” tegasnya saat menjadi Narasumber Dialog Lintas Pontianak Pagi RRI Pontianak.

Ia menegaskan berkat perjuangan seluruh stake holder, Kota Pontianak telah menyelesaikan Rencana Detail Tata Ruang Kota (RTDRK) untuk 6 kecamatan yang ditetapkan melalui Perwal 30 Tahun 2021. Yang mana penyusunan RDTRK ini memakan waktu hampir 3 tahun dan belum semua kabupaten dan kota di tanah air yang memiliki aturan detail ini.

Firayanta mengaku berbeda dengan terdahulu aturan tata ruang bersifat kaku tidak bisa diubah-ubah namun aturan saat ini lebih bersifat dinamis contohnya dulu zoning perkantoran maka seluruhnya perkantoran tidak bisa berfungsi yang lain namun sekarang bisa campuran tergantung asas fungsi kawasan tersebut

“Maka aturan sekarang setiap lima tahun sekali akan dilakukan evaluasi Tata Ruang Wilayah tersebut” katanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar