Bupati Muda : Hadapi Bonus Demografi, Pemuda Kubu Raya Harus Berinovasi, Cerdas, Kreatif, dan Berkarakter Kokoh

KBRN, Pontianak : Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Muda Mahendrawan mengajak semua pihak untuk beresama-sama membangkitkan karakter unggul bagi para pemuda, sehingga di era digital saat ini dan tantangan persaingan semakin berat kedepannya, tentunya kompetisi ini harus dihadapi dengan pemuda-pemuda yang memiliki karakter unggul, punya kecerdasan, kemampuan kreatifitas dan mampu terus berinovasi.

“Karena sekarang sudah era discruption, yang mana senmua orang dituntut untuk bisa membuat langkah-langkah untuk menghadapi kompetisi global ini. Tentunya dalam situasi pandemipun kita harus tetap sabar, tekun dan gigih berusaha mensiasati agar bisa tetap bertahan (survive), terus bergerak (move) untuk selalu berusaha progresif”, katanya usai memimpin upacara Hari Sumpah Pemuda ke 93 di halaman kantor bupati, Kamis (28/10/2021).

Bupati menuturkan, menghadapi Bonus Demografi yang ada di depan mata saat ini, Kubu Raya tidak ingin mewariskan pemuda yang memiliki sikap-sikap yang lemah dan keropos, justru kita harus mewariskan pemuda yang harus bangkit dan memiliki lompatan jauh (quntum leaf) yang berkarakter kokoh. Bonus Demografi ini yang mana jumlah penduduk usia produktif (berusia 15-64 tahun) lebih besar dibanding penduduk usia tidak produktif (berusia di bawah 15 tahun dan di atas 64 tahun.

“Tentunya kondisi ini harus diperkuat melalui pemuda Kubu Raya yang berkarakter kokoh supaya SDM itu nantinya tidak mengganggur dan memaksimalkan sumber daya lokal yang ada serta lapangan bermainnya harus jelas supaya tidak nganggur”, imbuh bupati Muda.

Bupati Muda menyampaikan, nafas yang selalu dilakukan di Kubu Raya ini merupakan nafas gerakan melalui langkah-langkah pemberdayaan dan penguatan inisiatif. Makanya saat ini banyak pemuda yang sudah menggerakan wirausaha, tentunya hal itu juga harus diimbangi dengan perkuat sociopreneur, karena dengan kepekaan ini pemuda Kubu Raya mampu berinovasi dan memiliki karakter wirausaha unggul

“Jadi subtansi dari mengejar bahagia itu, pemuda Kubu Raya saya yakin dengan visi bahagia bagaimana mereka membahgiakan orang banyak dan tetap juga dengan karakter kokoh dan memiliki daya juang yang tinggi. Karena ‘Menanjak’itu merupakan mind programming supaya semua pemuda Kubu Raya progresif, optimis, take off dan selalu berupaya untuk memiliki daya juang yang tinggi, jangan sampai jadi pemuda cengeng, tidak berakter dan tidak mampu menghadapi situasi”, tegasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00