Disbun Kubu Raya Prioritaskan Dua Desa di Kecamatan Batu Ampar Pilot Project Pinang Betara

KBRN, Pontianak : Dinas Perkebunan Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) melakukan pemetaan terhadap desa berpotensi dikembangkannya tanaman pinang unggul. 

Desa Batu Ampar dan Desa Tanjung Harapan Kecamatan Batu Ampar menjadi daerah prioritas bagi Disbun Kubu Raya untuk dikembangkan pinang unggul. 

Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kubu Raya Elfizar Edrus mengatakan, penanaman pinang unggul ini merupakan implementasi Peraturan Bupati (Perbup) Kubu Raya nomor 23 tahun 2021 tentang Sistem Pengembangan Perkebunan Unggul (Tembakul) berbasis Corporate Social Responsibility (CSR) perusahan perkebunan. 

"Dalam hal ini PT. Fajar Saudara Lestari (FSL) melalui CSR nya memberikan 4000 batang pohon pinang unggul jenis Betara dari Provinsi Jambi kepada petani pekebun yang ada di dua desa di Kecamatan Batu Ampar diantaranya Desa Batu Ampar dan Desa Tanjung Harapan", kata Elfizar usai menyerahkan bibit pinang unggul Betara di Base Camp PT. FSL Dusun Cabang Ruan Desa Batu Ampar, Selasa (27/10/2021) pagi. 

Elfizar menilai, dipilihnya dua desa Kecamatan Batu Ampar sebagai pilot project dikembangkannya tanaman pinang unggul Betara ini dikarenakan daerah itu memiliki karakter wilayah yang baik dan lahan kosong yang masih cukup luas. 

Dirinya menyampaikan terima kasih kepada PT. FSL yang telah menyalurkan 25 persen CSR nya melalui program Tembakol dengan memberikan 4000 bibit pinang unggul untuk petani pekebun di sekitar wilayah perusahaan. 

"Dengan adanya program Tembakol ini pihaknya berusaha membantu petani pekebun untuk memanfaatkan lahannya agar bisa meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian melalui program CSR PT FSL yang menggelontorkan bantuan 4000 bibit pinang unggul dan hal ini juga merupakan program unggulan pak bupati Muda Mahendrawan agar petani memanfaatkan lahannya untuk meningkatkan perekonomian mereka", ujarnya. 

Di tempat yang sama, Manajer Perizinan PT FSL Yudi Wahyudi mengatakan, untuk tahap awal pihaknya menyalurkan CSR perusahaan dengan memberikan 4000 bibit pinang unggul jenis Betara kepada petani Pekebun di Desa Batu Ampar dan Desa Tanjung Harapan. 

"4000 bibit pinang unggul akan ditanam petani pekebun di luas lahan empat hektar. Yang mana masing-masing desa kami berikan 2000 batang bibit pinang unggul untuk dua hektar lahan, jadi setiap 1000 bibit pinang ini untuk satu hektar", kata Yudi. 

Yudi menuturkan, pihaknya berusaha mendukung pemerintah daerah khususnya Dinas Perkebunan untuk mengimplementasikan Perbup Kubu Raya nomor 32 tahun 2021. 

"Kami dari perusahaan sangat mendukung Perbup tersebut, yang mana dalam hal ini kami berusaha membantu pemerintah daerah mengalokasikan 4000 bibit pinang unggul jenis Betara kepada petani pekebun di wilayah kerja kami agar perekonomian mereka meningkat", ucapnya. 

Sementara itu Kepala Dusun Karya Jaya Desa Tanjung Harapan Rajeman menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kubu Raya dalam hal ini Dinas Perkebunan dan PT. FSL yang membantu petani pekebun mereka dengan bibit pohon pinang unggul. 

"Saya mewakili warga Desa Tanjung Harapan mengucapkan terima kasih kepada Pemda Kubu Raya dan pihak perusahan, karena dengan program Tembakul ini kami petani pekebun dijadikan prioritas penerima bantuan bibit pinang unggul jenis Betara dan kami yakin dengan bantuan ini pula mampu menopang dan meningkatkan perekonomian masyarakat petani pekebun di desa kami", ucapnya.

Hal senada juga disampaikan petani pekebun Dusun Cabang Ruan Desa Batu Ampar Junaidi Abdullah. Dirinya bertekad akan mengelola dan merawat tanaman pohon pinang unggul ini hingga masa panen nanti. 

"Sebagai petani Pekebun sawit, tentunya kami di sini, sangat mengetahui bagaimana mengembangkan pinang unggul ini, karena proses pembibitan dan panennya hampir sama dengan sawit, tentunya dengan bantuan ini pula akan menjadi mata pencaharian baru bagi petani pekebun di Desa Batu Ampar", tutupnya. 

Penyerahan bantuan 4000 bibit unggul pinang Betara ini juga diserahkan Perbup Kubu Raya oleh Kadisbun Kubu Raya kepada perwakilan PT. FSL, perwakilan Kepala Dusun Karya Jaya Desa Tanjung Harapan dan Kepala Dusun Cabang Ruan Desa Batu Ampar. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00