Maria Lestari Perjuangkan 50 Ribu Bibit Pinang Betara Untuk Poktan Kubu Raya, Disbun Harap Mampu Tingkatkan Ekonomi Petani

KBRN, Pontianak : Anggota Komisi IV DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Kalimantan Barat (Kalbar) 1 Maria Lestari melalui tenaga ahlinya Parada Nicholas Sitepu menyerahkan secara simblois sebanyak 50 ribu bibit pohon pinang unggul jenis Betara kepada empat kelompok tani (poktan) di Kabupaten Kubu Raya, Jum'at (22/10/2021) sore di halaman Kantor Dinas Perkebunan Kubu Raya. 

“Seharusnya yang menyerahkan bibit pohon pinang unggul ini ibu Maria Lestari sendiri, namun informasi yang kami terima, saat ini kendaraan yang ditumpangi ibu Maria terjebak macet di daerah Siantan Kota Pontianak, sehingga untuk mempersingkat waktu, maka saya diamanahkan ibu Maria untuk langsung menyerahkan bantuan ini kepada poktan di Kubu Raya”, kata Tenaga Ahli Maria Lestari Parada Nicholas Sitepu kepada RRI usai menyerahkan bibit pohon pinang kepada kelompok tani di Kubu Raya.

Dirinya menyampaikan, dengan diserahkannya bantuan ini diharapkan bisa tepat sasaran dan tepat guna sehingga mampu meningkatkan penghasilan dan mensejahterakan petani di Kabupaten Kubu Raya dan alokasi ini merupakan bantuan langsung dari Kementrian Pertanian Direktorat Perkebunan

“Sampai saat ini ibu Maria juga telah memperjuangkan mengalokasikan bantuan lainnya di beberapa kecamatan lainya di Kabupaten Kubu Raya seperti bibit unggul pertanian, alat mesin pertanian (alsintan), pengolahan pupuk organik dan bantuan hewan ternak yang diberikan kepada poktan”, ujarnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perkebunan Kabupaten Kubu Raya Elfizar Edrus mengatakan, pihaknya hanya memfalisitasi penyerahan bibit pohon pinang unggul jenis batara ini kepada empat poktan yang tersebar di dua kecamatan, diantaranya, poktan Suka Maju Desa Limbung, poktan Bangun Rejo Desa Limbung dan poktan Trisno Subur 3 Desa Limbung Kecataman Sungai Raya dan poktan Loncek Raya Desa Teluk Bakung Kecamatan Sungai Ambawang.

“Dengan adanya aspirasi dari anggota Komisi IV DPR RI Maria Lestari, tentunya hal ini sangat membantu dan mendukung perluasan perkebunan pinang unggul di Kabupaten Kubu Raya, mengingat penanaman pinang unggul betara ini juuga merupakan program unggulan dari bapak Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan”, ucapnya.

Elfizar bersyukur, petani pekebun pohon pinang di Kubu Raya sangat antusias menggarap lahan pertaniannya, karena saat ini harga pinang di pasaran sangat tinggi sehingga menjanjikan dan mampu menompang serta meningkatkan perekonomian petani.

Elfizar menjelaskan, 50 ribu bibit pinang unggul jenis betara ini akan ditanam oleh empat poktan yang menerima bantuan ini diatas lahan seluas 50 hektar, diantaranya 30 ribu batang pohon pinang untuk 30 hektar di Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya dan 20 ribu batang pohon pinang untuk 20 hektar di Desa Teluk Bakung Kecamatan Sungai Ambawang.

“Kami harapkan dengan bantuan ini mampu menambah dan meningkatkan perekonomian petani pekebun di Kabupaten Kubu Raya. Kami juga mengharapkan para petani dan poktan bisa merawat dan memelihara tanaman ini dengan baik sehingga kedepannya hasil panennya juga baik. Mengingat tanaman ini tidak seperti padi yang dalam tempo tiga bulan sudah bisa panen, namun pohon pinang ini panennya bisa memakan waktu 3 sampai 4 tahun, tentunya diperlukan perawatan yang ekstra dan jangan sampai dibiarkan begitu saja”, jelas Elfizar.

Sementara itu Ketua Kelompok Tani Suka Maju Desa Limbung Kecamatan Sungai Raya Suyono menyampaikan terima kasih kepada anggota Komisi IV DPR RI Maria Lestari dan Dinas Perkebunan Kabupaten Kubu Raya yang telah memfasilitasi penyerahan bibit pohong pinang unggul jenis betara ini kepada poktannya, tentunya dengan bantuan ini dirinya bersama petani lainnya akan berusaha menanam, menjaga dan merawat pohon pinang ini agar mampu menompang perekonomian keluarga petani lainnya.

“Alhamdulillah, poktan kami mendapatkan bantuan 10 ribu bibit pohon pinang unggul jenis betara dari ibu Maria Lestari. Insya Allah, 10 ribu pohon pinang akan kami tanam di lahan seluas 10 hektar. Tentunya kami akan berusaha agar bagaimana bantuan pohon pinang ini bisa mengangkat perekonomian petani kami”, ucapnya.

Suyono mengatakan, saat ini jumlah petani yang ada di poktan Suka Maju sebanyak 28 orang, namun petani yang aktif menanam pinang baru 10 orang. Saya harapkan bantuan pohon pinang ini bisa dimanfaatkan dan dikembangkan oleh petani di poktan kami dengan sebaik-baiknya dan harapan kami, bantuan pohon pinang ini kalau bisa ditambah jumlahnya, sehingga petani kami semakin bergairah menggarap lahannya untuk menanam pinang ini”, harapnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00