Kelola Data Berbasis GeoSpasial, Kubu Raya Raih BIG Award 2021

KBRN, Pontianak : Pemerintah Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) meraih penghargaan dari Badan Informasi GeoSpasial (BIG) 2021 atas terobosannya, dalam mewujudkan dan menggerakkan proses mengejar Sistem Data Informasi Berbasis GeoSpasial.

"Alhamdulillah, WebGis Kepong Bakol yang kita laksanakan sejak 2020 lalu mendapat apresiasi dari BIG dengan raihan penghargaan ini. Tentu ini bisa kita dapatkan berkat "kepong bakol" (kerjasama) yang baik dari semua pihak," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan di Sungai Raya, Kamis.

Dia mengatakan, penghargaan tersebut bisa di raih karena pihaknya telah menggerakkan proses mengejar Sistem Data Informasi Berbasis GeoSpasial, baik data dasar seluruh rumah tangga (178 ribu rumah tangga) dan semua data dan Informasi berdasarkan kebutuhan tematik melalui Geoportal dan "WebGis Kepong Bakol", kata Bupati Muda Mahendrawan di ruang kerjanya, Kamis (12/10/2021). 

"WebGis ini dikelola dan digerakkan para tenaga operator di Simpul Jaringan Informasi Geospasial Daerah (DJIGD) dan Tenaga Penggerak Data (TPD) di seluruh Desa (118) sebagai dasar proses perencanaan, pelaksanaan, penataushaan, kendali monev, pelaporan dan pertanggungan jawab agar transparan akuntabel, terukur, tepat, cepat, akurat mutakhir dan berdampak langsung," tuturnya.

Dengan adanya data yang baik, Muda yakin ke depan Pemkab Kubu Raya akan mampu melakukan berbagai percepatan dan perbaikan kualitas hidup pada tiap rumah tangga dan percepatan di Pembangunan di Desa Desa.

"Karena ini nantinya akan menyentuh langsung seluruh sektor pelayanan dasar, infrastrutur dasar, pelayanan sosial dasar dan percepatan pergerakan ekonomi di Kubu Raya," jelas bupati Muda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00