Kanwil Kemenkumham Kalbar Monev Layanan AHU dan Pembinaan Notaris di Kota Singkawang

KBRN, Pontianak : Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat melaksanakan Monitoring dan Evaluasi Layanan Administrasi Hukum Umum di Kota Singkawang, Jumat (15/10/2021).

Tim Kantor Wilayah dipimpin oleh Kepala Subbidang Pelayanan Administrasi Hukum Umum (AHU), Krisman Samosir didampingi JFU Subbidang Pelayanan AHU.

“Kegiatan ini dalam rangka pelaksanaan tugas, fungsi serta pembinaan kepada Notaris,” jelas Krisman Samosir, saat ditemui RRI, Minggu, (17/10/2021).

Kegiatan ini juga lanjut Krisman Samosir, sehubungan dengan penyampaian informasi terkait dengan Penerapan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (PMPJ) yang wajib dilaksanakan oleh Notaris dan Pemilik Manfaat (BO) serta memberikan Informasi terkait dengan Aplikasi SILANOK (Sistem Laporan Notaris Online) Kalbar yang bertujuan untuk memberikan manfaat praktis dalam mengirimkan pelaporan Notaris secara online.

“Kegiatan kami diawali dengan koordinasi dengan Notaris Erna Fahriati SH., M.Kn., kemudian dilanjutkan dengan Notaris Wibowo Malik, SH., LLM., M.Kn,” jelas Krisman Samosir.

Tim juga jelasnya, melakukan koordinasi sehubungan dengan permasalahan yang dihadapi oleh Notaris terkait dengan AHU online termasuk adanya edaran permintaan Survey Penilaian Integritas KPK terhadap Notaris yg direkomendasikan oleh Kementerian Hukum dan HAM.

“Dalam kegiatan tersebut, Tim tetap menghimbau dan menyarankan kepada Notaris di Kota Singkawang agar dalam melaksanakan tugasnya harus tetap sesuai dengan amanah dan aturan terkait Jabatan yang diemban agar tertib administrasi Kenotariatan, sesuai dengan ketentuan UU 2 tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU 30 tahun 2004 tentang Jabatan Notaris,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00