Kalbar Minta Moratorium Penerimaan CPNS Dicabut

KBRN, Pontianak :Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji bersama anggota DPR RI dari Dapil Kalbar, Cornelis meminta pemerintah pusat untuk tidak melakukan moratorium penerimaan ASN, mengingat Kalbar saat ini sedang kekurangan ASN karena banyak yang purna tugas.

"Hari ini saya menerima pak Cornelis yang melakukan reses di Kalbar sebagai Dapil beliau. Banyak hal yang kita bahas, diantaranya penerimaan ASN yang kita harapkan tidak dilakukan moratorium oleh pemerintah pusat," kata Sutarmidji di Pontianak, Kamis (14/10/2021). 

Menurut Gubernur Kalbar, dirinya dan Cornelis mengharapkan tidak adanya moratorium penerimaan ASN karena saat ini rasio pegawai ASN yang aktif dengan ASN yang akan menjalani purna tugas cukup tinggi di daerah.

"Salah satu yang kita diskusikan adalah tetap harus ada penerimaan ASN, jangan moratorium terus, karena yang pensiun banyak, sedangkan mereka yg menduduki jabatan di pemerintahan itu butuh proses yang panjang, jadi persiapan tak boleh putus, beda dgn swasta. Selain itu beliau juga paham bagaimana sulitnya mengurus aset negara, karena sebagian tidak dilengkapi dokumen yg memadai, kami sepakat untuk saling bersinergi," tuturnya.

Selain itu, dirinya menambahkan, bahwa Cornelis yang merupakan mantan Gubernur Kalbar periode 2008 hingga 2018 tersebut dari akan menyuarakan aspirasi daerah terkait Provinsi Kalbar dan akan memberikan informasi-informasi yang berkaitan dengan daerah, demi membangun Provinsi Kalbar lebih maju.

"Jika ada yang butuh di suarakan di parlemen, beliau akan suarakan dan beliau juga akan memberikan informasi yang berkaitan dengan daerah, karena Komisi II membidangi salah satunya pemerintahan dan beliau juga menanyakan tentang penanganan covid dan saya sampaikan kemajuan vaksinasi dan lain-lain," kata Sutarmidji. 

Di tempat yang sama, Cornelis menegaskan sesuai dengan fungsi dan tugasnya sebagai anggota DPR RI dari Dapil Kalbar, dalam kegiatan reses tersebut, pihaknya akan menyerap banyak aspirasi dari pemda maupun masyarakat.

"Kita akan tampung apa saja permasalahan yang ada dan akan kita sampaikan kepada pemerintah pusat agar pembangunan di Kalbar bisa lebih berjalan dengan baik," kata Cornelis.

Sebagai putra asli Kalbar dan mantan pemimpin daerah, dirinya ingin agar pembangunan di Kalbar bisa semakin cepat di lakukan, sehingga dirinya akan terus memperjuangkan pembangunan Kalbar di pusat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00