Pansus DPRD Sambas Tinjau Kesiapan Pemekaran 2 Desa Persiapan

KBRN, Pontianak : Panitia khusus Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kab. Sambas melakukan kunjungan kerja ke ke dua desa yang dalam pembahasan rancangann peraturan daerah akan dilakukan pemekaran. Dua desa tersebut desa Arga Pura dan desa Sapak Hulu Trans di Kecamatan Subah. Tim Pansus 1 untuk desa Arga Pura dan pansus 2 untuk desa Sapak Hulu Trans. 

Tim pansus 1 untuk desa Arga Pura dipimpin langsung ketua pansus, Lerry Kurniawan Figo. Untuk pansus 2, diketuai Anwari yang meninjau langsung kondisi real desa Sapak Hulu Trans. 

Camat Subah, Drs Efendi, menyambut baik kunjungan kerja pansus tersebut. Dia berharap, desa yang diusulkan tersebut, dapat segera terealisasi menjadi desa defenitif. 

"Kami berharap, kunjungan kerja pansus menghasilkan percepatan 2 desa persiapan ini menjadi defenitif," ujar Camat. 

Efendi mengatakan, pihaknya telah berupaya maksimal mendukung desa persiapan ini menjadi desa defenitif. Kecamatan kata dia, tetap menjalin komunikasi dan koordinasi dengan desa persiapan agar siap menjadi desa defenitif. 

"Masyarakat sangat mengharapkan ini segera terealisasi menjadi desa defenitif. Saya yakin, para wakil rakyat kita akan mempertimbangkan dengan bijaksana terkait rencana untuk mendefenitifkan kedua desa ini," tegas Camat. 

R Khoiri Kades Bukit Mulia selaku desa induk dari Desa Persiapan Arga Pura Kec Subah menegaskan baik desa induk maupun hasil pemekaran kedepannya, secara ekonomi bisa menopang kebutuhan sendiri. "Perputaran uang kami perbulannya bisa mencapai kurang lebih 4 hingga 5 milyar rupiah. Kami yakin, kondisi perekonomian di desa kami, baik induk maupun persiapan tetap akan sejahtera jika sudah dimekarkan," tutur Khoiri.

Kades Bukit Mulia menjelaskan bahwa desa induk sangat mendukung pemekaran itu. Dia mengatakan, desa persiapan bisa dikatakan sudah sangat matang persiapannya untuk menjadi desa defenitif. 

"Selama kurang lebih sudah setahunan ini, desa persiapan arga pura dibentuk, secara pandangan kami desa induk, desa persiapan ini kami anggap layak, contohnya saja kondisi penyambutan kunjungan kerja pansus ini, didukung penuh secara mandiri oleh desa persiapan," tegas Khori. 

Supriyanto, Kades Persiapan Argapura juga menegaskan hal senada dengan R Khoiri. Supriyanto menyebutkan, masyarakat desa persiapan arga pura sangat antusias menyambut kunjungan pansus. 

"Pemdes dan warga desa persiapan arga pura sangat berharap, desa ini bisa didefenitifkan sesegera munkin," tegas Supriyanto. 

Dihadapan Anggota DPRD, Supriyanto memaparkan kesiapan desa Persiapan Arga Pura untuk didefenitifkan. Diantaranya dia mengungkapkan data batas-batas desa sudah dipenuhi hingga langkah-langkah skenario pertumbuhan ekonomi desa persiapan. "Pada prinsipnya, kami sudah matang dalam mempersiapkan ini untuk menjadi defenitif. Kita berharap, Wakil Rakyat juga mendukung ini, dan proses evaluasi oleh unit kerja tertentu kedepannya, desa ini mendapatkan kemudahan," harap Supriyanto.

Lerry Kurniawan Figo, Ketua Pansus 1 mengatakan kunjungan kerja kali ini dalam rangka kebutuhan Wakil Rakyat memperkaya materi informasi untuk pembahasan rancangan peraturan daerah tentang pembentukan desa arga pura dan sapak hulu trans. Dia mengatakan, dia dan timnya melihat langsung kondisi real desa persiapan. "Kami harus pastikan agar kedepannya, kita menghasilkan produk hukum yang berkualitas. Termasuk raperda tentang pembentukan desa ini, kami harus memastikan kesiapan desa persiapan ini untuk didefenitifkan," tegas Lerry Kurniawan Figo. 

Dikatakan Pria yang akrab disapa Figo, pendefenitifan desa Arga Pura ataupun sapak hulu nantinya akan dijadikan barometer untuk pemekaran desa kedepannya. Ketua Pansus 1 menyebutkan, para wakil rakyat pada prinsipnya menyambut baik pemekaran desa.

“Hanya saja, kita harus memperhatikan aturan mainnya. Sekarang ini, pemerintah menetapkan persyaratan yang ketat dalam hal pemekaran seperti ini. Terutama kita tidak ingin terjadi permasalahan dalam hal pemekaran ini," tegas Figo. 

Dia memberi apresiasi kepada persiapan desa arga pura ini. Dukungan dia untuk penetapan desa arga pura sebagai bentuk perhatian pada Aspek Pelayanan. 

"Harapan kita semakin mempermudah pelayanan," paparnya.

Melihat progress Desa Arga Pura, Figo menyebutkan Wakil Rakyat siap mengawal penetapan Desa ini. Harapan dia, sama dengan harapan warga, agar kedepannya bisa segera didefenitifkan. 

"Kita patut bersyukur, desa arga pura ini, menyisakan tahapan yang tidak banyak lagi. Kita juga mendapat dukungan  provinsi terutama dari gubernur melalui perwakilannya sudah memberikan sinyal positif. Saya yakin ini kedepannya dipermudah. Kita doakan sama-sama agar di tahap kementerian nanti, juga dipermudah," pesan Figo.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00