Pemkab Kubu Raya Terima Aset PSU dari Kementerian PUPR

KBRN, Pontianak : Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat Muda Mahendrawan mengatakan, pihaknya telah menerima sejumlah aset Prasarana Sarana dan Ultitas Umum (PSU) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

"Kemarin, kita sudah mendatangani mengenai Berita Acara Serah Terima (BSAT) pada aset Prasarana Sarana dan Ultitas umum (PSU) untuk masyarakat di Kabupaten Kubu Raya. Ada beberapa aset baik berupa lahan dan bangunan yang kita terima di beberapa lokasi," kata Muda di diruang kerjanya, Selasa (21/9/2021).

Bipati menuturkan, penyerahan aset PSU tersebut sebenarnya sudah bisa dilakukan ada tahun 2019 lalu. Hanya saja, Pemkab Kubu Raya masih belum mau menerimanya, mengingat kejelasan lahan dan kondisi bangunan yang ada. 

"Namun, sekarang kami mensyukuri semua berjalan dengan baik dan lancar bahkan sudah selesai yang terpenting semua kegiatan PSU berjalan dengan baik," tuturnya.

Pada masa pandemi ini, lanjut Muda, perekonomian Kubu Raya sangat produktif baik di sektor properti yang wilayahnya memang benar pengembangan pada saat ini cukup besar jumlahnya. 

"Kami kira ini akan berupaya sama-sama memberi peluang. Jadi ini peluangnya untuk masyarakat dan mendaratnya juga untuk masyarakat, supaya psu ini benar-benar berdampak untuk masyarakat yang membutuhkan rumah sekaligus fasilitas yang berkualitas," kata Muda. 

Bupati Muda juga meminta hubungan generasi yang saling mendukung dalam arti melakukan upaya penguatan seperti perumahan yang bersangkutan dengan program Statistikal Package for the Social Sciens (Spss) yang berguna untuk mengakses data dari berbagai jenis format yang ada, sehingga data yang sudah tersedia dalam berbagai format dapat digunakan untuk melakukan analisis data.

"Untuk data-data yang kami lakukan yang berkaitan dengan kawasan, maupun tata ruang. Kami juga menentukan mengenai percepatan yang pasti kami memahami bahwa semakin cepat pelayanan kecepatan yang dilakukan aset ini maka semakin cepat pula upaya yang dilakukan pada peluang PSU yang lain," katanya.

Sementara itu, Koordinator pulau Kalimantan Direktorat Rumah Umum dan Komersial, Putri Anitia Sari mengatakan, di Indonesia pihaknya memiliki 19 balai, sedangkan untuk Kalimantan terbagi menjadi dua wilayah di mana balai pelaksana panyediaan perumahan Kalimantan satu itu berkedudukan di kota Pontianak terbagi atas dua wilayah penanganan.

"Kebetulan kami dibagi atau dua wilayah dan melaksanakan tugas sebagai perpanjangan tangan dari Direktorat, Jendral, dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan (PUPR)," katanya.

Dia juga menjelaskan pada pelaksanaan kegiatannya di Balai yang pertama berkaitan dengan isi perencanaan kemudian yang kedua tentang program pembangunan rumah susun, rumah khusus dan psu rumah umum dan komersil. 

"Kami mengapresiasi kepada teman-teman dari Pemerintahan Daerah (Pemda) Kabupaten Kubu Raya karena keterserdiaan untuk hadir dan diterima oleh Bapak Bupati dalam proses penandatanganan serah terima aset ini," sambungya.

Harapan putri untuk tahun depan pada kegiatan PSU ini dapat berjalan dengan lancar. Mengingat proporsi atau alokasi terkait dengan Kementerian PUPR, PSU yang sebagian besar berada di Kubu Raya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00