Ketapang Siap Jadi Tuan Rumah MTQ Provinsi 2022

KBRN, Pontianak: Kabupaten Ketapang akan menjadi tuan rumah Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Provinsi Kalimantan Barat tahun 2022. 

Guna membahas persiapan agenda tersebut, Pemerintah Kabupaten Ketapang menggelar rapat expose MTQ ke 30 tingkat provinsi, yang dibuka secara langsung oleh Bupati Ketapang, Martin Rantan, SH.,M.Sos., di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Ketapang, Senin (21/06/2021) siang

Adapun tema yang diambil pada ajang seni baca Alqur'an dua tahunan sekali tersebut adalah "MTQ XXX membangun generasi Qur'ani menuju Kalimantan Barat yang maju, berkualitas dan bermartabat".

Sementara, Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE.,M.Si mengatakan tak hanya memperlombakan cabang MTQ, kegiatan ini nanti juga akan mengagendakan rapat kerja daerah Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an (LPTQ) Provinsi Kalimantan Barat.

Kegiatan ini, kata Farhan, direncanakan akan digelar pada bulan Oktober atau November 2022 mendatang. 

"Selain sembilan cabang lomba yang diperlombakan, juga akan ada agenda non lomba lainnya seperti pawai ta'ruf dan kendaraan hias, kegiatan pameran pembangunan se-Kalbar, pergelaran kesenian dan wisata," papar Farhan. 

Farhan menyebutkan biaya pelaksanaan MTQ bersumber dari APBD Provinsi Kalimanta Barat 2022, APBD Kabupaten Ketapang 2022 serta donatur pribadi maupun lembaga yang sifatnya halal dan tidak mengikat.

"Ada lima titik yang akan dijadikan tempat lomba MTQ ke 30 tingkat provinsi, yaitu mimbar utama GOR Tantemak, Masjid Agung Al-Ikhlas, Masjid Al-Falah, Masjid Darul Hikmah, Pondok Pesantren Mambaul Khairat dan gedung Pancasila Ketapang," pungkasnya.

Pada kesempatan itu ketua DPRD Kabupaten Ketapang, M.Febriadi, S. Sos, M. Si, meminta warga Ketapang, bisa menjadi tuan rumah yang baik.

"Kita harus bisa menjadi tuan rumah yang baik, mudah mudahan kita sebagai warga Ketapang bisa mensukseskan acara ini,” ujar Febriadi

Lebih lanjut, Febriadi menjelaskan adanya MTQ di Kabupaten Ketapang, banyak pelajaran yang bisa dipetik karena Syiar Islam menggema membahana di Kabupaten Ketapang dan bukan hanya prestasi yang bisa dicapai oleh kafilah Kabupaten Ketapang yang harus bersaing dari kafilah dari kabupaten dan kota yang lain.

“Menggemanya Syiar Islam bisa terus digelorakan dan menjadi cerminan dan pegangan hidup bagi masyarakat yang ada di Kabupaten Ketapang,” Jelasnya.

Turut Hadir Asisten I Setda Bidang Pemerintahan Donatus Franseda, AP., MM, Asisten II Setda Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesra Drs.H. Marwan Noor, MM, Asisten III Setda Bidang Administrasi Umum Drs. Heronimus Tanam, ME, Sekretaris DPRD Drs. Maryadi Asmu'ie dan serta Pimpinan OPD. (BS-MS)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00