Pencanangan Kelurahan Bersinar Utamakan Pemberdayaan Masyarakat

KBRN, Pontianak ; Badan Narkotika Nasional (BNN) Republik Indonesia terus menggenjot program kelurahan bersih dari narkoba (Bersinar) di seluruh Indonesia, tak terkecuali di Kota Pontianak.

Direktur Pemberdayaan Alternatif  (Dayatif) Deputi Pemberdayaan Masyarakat BNN RI, Brigjen Pol Teguh Iman Wahyudi menerangkan program kelurahan bersinar ini merupakan bagian dari pencegahan pemberantasan penyalahgunaan peredaran gelap narkotika.

“Nanti kami akan bentuk satgas khusus di masing-masing kelurahan untuk berkoordinasi dengan BNN Kota Pontianak seperti pembentukan posko atau unit kecil BNN  yang akan melaksanakan pencegahan dan pemberantasan narkoba di kelurahan tersebut”,katanya Senin (14/6).

Kendati demikian, ia memastikan program kelurahan bersinar tidak hanya menyampaikan sosialisasi saja tapi juga akan memperhatikan kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan mempertimbangkan potensi sosial ekonomi di wilayah tersebut.

“Misalnya ada potensi menjahit maka akan kita berikan pelatihan agar masyarakat tidak tergiur dan terjerumus ke dalam penyalahgunaan atau peredaran narkoba”, ujarnya.

Seperti yang diketahui, sebelumnya tiga kelurahan di Kota Pontianak akan dijadikan pilot project kelurahan bersinar yakni kelurahan Dalam Bugis, Sungai Beliung, dan Siantan Tengah. Terkait hal ini, Pemerintah Kota Pontianak menyambut baik pencanangan tiga kelurahan bersinar sebab pemkot memang berkomitmen untuk memerangi penyalahgunaan dan peredaran narkoba sebab dampak yang ditimbulkan sangat merugikan seluruh lini, bahkan merusak sendi-sendi kehidupan. (Rizki Agata)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00