FOKUS: #PPKM MIKRO

Pos Penyekatan Mudik Beroperasi, Warga Nekat Mudik Diminta Putar Balik

KBRN, Pontianak ; Pos penyekatan mudik di wilayah perbatasan antara Kota Pontianak dan Kabupaten Mempawah tepatnya di daerah Batu Layang mulai beroperasi pada 6 Mei 2021. Kepala Dinas Perhubungan Kota Pontianak, Utin Srilena Candramidi menerangkan setiap pengendara yang melintas di jalur tersebut akan menjalani serangkaian pemeriksaan dari tim gabungan TNI/Polri, Dishub Kota Pontianak, Satpol PP Kota Pontianak, dan Dinas Kesehatan Kota Pontianak yang bertugas melakukan swab antigen kepada masyarakat.

“Sesuai arahan dari Wali Kota Pontianak dan Kapolresta Pontianak Kota kami telah melakukan penyekatan arus mudik di wilayah Batu Layang dengan mendirikan posko pengamanan”, ujarnya, Jumat (7/5).

Menurutnya penyekatan ini dilakukan karena kasus Covid-19 di wilayah Kalbar cenderung mengalami peningkatan selama beberapa pekan terakhir. Untuk itu Utin  menegaskan bagi warga yang masih nekat ingin mudik keluar Kota Pontianak maupun sebaliknya akan diberhentikan dan diminta untuk putar balik.

“Jadi kalo ada masyarakat yang ingin keluar Kota Pontianak untuk mudik, karena wailayah nya masih dekat mereka hanya akan diimbau putar balik tanpa di swab sedangkan bagi masyarakat yang berasal dari kabupaten/kota lain yang ingin masuk ke Kota Pontianak wajib menjalani swab antigen”,jelasnya.

Kendati demikian, Utin mengaku saat ini pengawasan larangan mudik masih difokuskan di Posko Batu Layang dan belum menyasar titik-titik lokasi batas kota yang lain. Namun, untuk pengawasan di lokasi lain Utin menyebut nantinya pihaknya kemungkinan juga akan bekerjasama dengan Dishub Kabupaten Kubu Raya dan Dishub Propinsi Kalbar mengingat disana terdapat Terminal Antar Negara.

“Yang jelas warga asal Kota Pontianak tidak boleh keluar dari wilayah ini sementara waktu, kecuali jika ada sanak keluarga yang sakit atau meninggal. Tapi untuk angkutan barang tetap diperbolehkan keluar masuk ke Kota Pontianak dengan syarat mereka harus di swab antigen dulu”, pungkasnya. (Rizki Agata)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00