FOKUS: #VAKSIN COVID-19

HUT Pemprov Kalbar ke 64, Ini Koreksi Yulius Yohanes untuk Midji-Norsan

KBRN, Pontianak : Pemerintah Provinsi Kalbar genap berusia 64 tahun, di 2021. Sejumlah capaian berhasil ditorehkan Pemprov Kalbar dibawah kepemimpinan gubernur dan wakil gubernur, Sutarmidji dan Ria Norsan. Namun demikian, ada beberapa catatan yang harus diperbaiki. 

“Kepemimpinan pak Midji (Sutarmidji) sebagai gubernur memberikan warna yang lain. Dalam pelaksanaan pembangunan, misalnya infrastruktur jalan dan pembangunan lain cukup baik tapi perlu ditingkatkan. Khususnya kesejahteraan masyarakat,”  katanya Pengamat Politik Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak Dr. Yulius Yohanes, Selasa (26/01/2021).

“Artinya perlu dilakukan konsolidasi, koordinasi dan komunikasi yang dilakukan kepala daerah, di wilayah kerja pada pemerintahan provinsi Kalbar,” tambahnya.

Menurutnya, sinergisitas antara pemrpov dan pemda ditingkat kabupaten dan kota harus berjalan dengan baik. Sejauh ini, Yulius menilai ada catatan yang harus diperbaiki oleh Pemprov Kalbar, sehingga ada kesamaan persepsi menuju pembangunan kesejahteraan masyarakat.

“Saya melihat memang, pemprov dan pemkab ini belum begitu baik dalam hal komunikasi. Sehingga ada ketimpangan yang terjadi, antara pemprov dan pemkab. Misalnya anggaran yang diperuntukan untuk kabupaten dari provinsi. Misalnya, Ketika kita melihat kebutuhan infrastruktur jalan yang dibutuhkan Pemkab Kayong Utara, itu tidak maksimal yang diberikan oleh Pemprov Kalbar,” jelasnya.

Yulius menyebutkan, jika melihat komunikasi yang harmonis antara DPRD dan Pemprov Kalbar, sebenarnya tidak ada alasan bagi gubernur untuk menjalin komunikasi dengan para bupati atau wali kota. Bahkan modal keharmonisan antara legilstaif dan eksekutif di tingkat provinsi itu, harusnya bisa memperlancar fungsi koordinator pemerintahan yang dijalankan gubernur.

“Komunikasi yang dibangun antara eksekutif dan legislatif tidak ada masalah. Tapi, anggaran yang ditetapkan oleh DPRD provinsi, itukan dibagikan oleh gubernur. Harusnya tidak ada masalah,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00