Perubahan APBD Ketapang TA 2022, Jaga Sinkronisasi Program

KBRN, Pontianak: Wakil Bupati Ketapang Farhan membacakan Pidato Bupati Ketapang atas Pengantar Nota Keuangan dan Raperda tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran (TA) 2022 dalam rapat paripurna di Gedung DPRD Ketapang, Selasa (9/8/2022). 

Rapat dipimpin Ketua DPRD Kabupaten Ketapang M. Febriadi, didampingi Wakil Ketua Mathoji, dan Jamhuri Amir. 

Dalam sambutannya, Bupati Ketapang mengatakan agar kerjasama yang telah terjalin dengan baik tetap dapat dilanjutkan, sehingga dapat mewujudkan kebijakan dan keputusan yang sesuai dengan harapan masyarakat. 

“Terimakasih kepada kepala perangkat daerah beserta jajaran telah berperan aktif memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai tugas pokok dan fungsi, melaksanakan program-program yang menjadi prioritas daerah dalam upaya mewujudkan Kabupaten Ketapang yang maju menuju masyarakat yang sejahtera serta yang telah memfasilitasi rapat terutama Pimpinan dan Sekretaris DPRD beserta jajaran,” ucapnya. 

Bupati juga mengatakan pemulihan ekonomi masih menjadi prioritas utama pemerintah di tahun 2022. 

Dalam upaya menjaga sinkronisasi program prioritas nasional, program prioritas provinsi, dan program prioritas kabupaten, Pemerintah Kabupaten Ketapang telah melakukan perubahan dua kali terhadap Peraturan Bupati tentang Penjabaran APBD TA 2022. 

Perubahan-perubahan tersebut perlu ditampung dalam Peraturan Daerah tentang Perubahan APBD TA 2022. 

Hal tersebut sejalan dengan peraturan dan ketentuan yang berlaku, bahwa beberapa kondisi yang menjadi dasar bagi pemerintah daerah untuk dapat melakukan perubahan APBD antara lain: 

A. Perkembangan yang tidak sesuai dengan asumsi kebijakan umum APBD;

B. Keadaan yang menyebabkan harus dilakukan pergeseran anggaran antar unit organisasi, antar kegiatan, dan antar jenis belanja; serta

C. Adanya saldo anggaran lebih tahun anggaran sebelumnya yang harus digunakan dalam tahun anggaran berjalan. 

Bupati Ketapang berharap apa yang tercantum dalam Perubahan APBD TA 2022, dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemajuan daerah, dan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. 

Sebelum mengakhiri pidato, Bupati Ketapang mengingatkan kembali seluruh kepala perangkat daerah, agar dalam pengelolaan anggaran senantiasa mempedomani semua ketentuan sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku dan selalu melakukan pembinaan jajarannya secara intensif.

Selesai menyampaikan pidato, Farhan kemudian menyerahkan Nota Keuangan dan Raperda tentang Perubahan APBD TA 2022 kepada Ketua DPRD Ketapang M. Febriadi yang didampingi Wakil Ketua Mathoji, dan Jamhuri Amir, serta Sekretaris DPRD Agus Hendri. 

Sumber: M. Saad-HumproDPRD Ketapang 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar