Sosialisasi Kepemiluan untuk Disabilitas di Kabupaten Bengkayang

KBRN, Pontianak : Bawaslu Provinsi Kalbar dan Bawaslu Kabupaten Bengkayang menggelar rapat koordinasi Penguatan Pemahaman Kepemiluan Disabilitas. Kegiatan ini berlangsung di Wisma Jovan Bengkayang, Jumat (24/6/2022). 

Ketua Bawaslu Provinsi Kalbar Ruhermansyah menyatakan Pemilu 2024 akan diselenggarakan secara serentak. Ini adalah momen besar yang akan menjadi ajang untuk masyarakat Indonesia mencari pemimpin dan wakil di lembaga legislatif. "Kita harap saat perhelatan Pemilu, jangan sampai terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti permusuhan sesama saudara sendiri dalam keluarga karena berbeda pilihan," katanya. 

Rapat koordinasi tersebut turut dihadiri sejumlah pihak, antaranya lain, Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Kabupaten Bengkayang, Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Luar Biasa (SLB) Adil Ka' Talino Bengkayang, serta Alumni Sekolah Kader Pengawas Pemilu (SKPP).

Ruhermansyah juga  mengajak kepada peserta kegiatan untuk bersama-sama Bawaslu ikut andil dalam mensosialisasikan tahapan pemilu, termasuk bagi calon pemilih yang masuk kategori penyandang disabilitas. Selain itu, untuk turut serta melaporkan kepada jajaran Bawaslu apabila ditemukan dugaan pelanggaran.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkayang, Yosef Harry Suyadi mengungkapkan, dalam pengawasan di lapangan jajarannya akan memperhatikan para penyandang disabilitas. Sehingga dapat tetap menggunakan hak politiknya.

"Kita pastikan Bawaslu akan hadir. Dalam hal ini bukan mencari kesalahan tetapi penyelenggaraan pemilu yang demokratis, bermartabat dan berintegritas," tutupnya. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar