Kanwil Kemenkumham Kalbar Gelar Diseminasi Layanan Parpol di Ketapang

KBRN, Ketapang: Wakil Ketua DPRD Ketapang H. Suprapto, S.Pd., MM., dan Ketua Komisi II Uti Royden Top menghadiri Diseminasi Layanan Partai Politik yang diselenggarakan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Kalimantan Barat, bekerjasama dengan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Ketapang, Selasa (10/5/2022) di salah satu hotel di Ketapang. 

Wakil Bupati Ketapang H. Farhan, SE., MSi., mengucapkan terima kasih kepada pihak yang telah mengadakan kegiatan diseminasi ini. Apalagi melihat realita politik dewasa ini bahwa pengembangan politik memerlukan kebijakan yang bermuara kepada pembinaan. 

"Serta pengembangan budaya politik yang mampu membentuk sikap, etika dan perilaku yang tepat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara," ucap wakil bupati (wabup) saat memberikan kata sambutan. 

Dijelaskan wabup, diseminasi merupakan kegiatan yang ditujukan kepada kelompok atau individu agar memperoleh informasi. Serta memanfaatkan informasi untuk dapat disampaikan kepada pihak lain. 

Dalam upaya mensukseskan pembangunan di segala bidang yang antara lain memberikan pemahaman kepada masyarakat. Terutama tentang dinamika politik baik sekarang maupun yang akan datang. 

"Saya berharap agar kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan tertib. Manfaatkanlah waktu ini sebaik-baiknya dengan memperhatikan dan menyimak apa yang dijelaskan narasumber, " imbau wabup. 

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Kalimantan Barat, Fery Monang Sihite, S.H., M.H., diwakili Muhayan, S.H., M.H., Kepala Bidang Pelayanan Hukum berharap acara ini dapat memberikan kontribusi bermanfaat bagi bangsa Indonesia khususnya Kabupaten Ketapang. 

"Peran partai politik juga untuk mengedukasi masyarakat. Jadi perlu ditingkatkan kapasitas, kualitas dan kinerjanya agar dapat mewujudkan aspirasi dan kehendak rakyat. Sehingga dapat meningkatkan kualitas demokrasi bangsa dan negara," ujar Muhayan. 

Bila perlu, lanjutnya, partai politik yang baik tidak hanya menyampaikan visi dan misi kepada masyarakat. Tapi harus mampu memberikan pendidikan politik kepada masyarakat terkait peran dan fungsi masyarakat di dalam politik. 

Ketua Panitia Pelaksana, Krisman Samosir, S.H., M.H., mengatakan maksud dan tujuan kegiatan ini untuk memperluas pemahaman serta penghayatan dan wawasan terhadap masalah politik yang berkembang. Kemudian meningkatkan kualitas kesadaran politik rakyat menuju peran aktif dan partisipasinya terhadap pembangunan politik bangsa secara keseluruhan, sekaligus diperoleh pemahaman yang menyeluruh tentang keadministrasian pengelolaan keuangan partai dan pertanggungjawabannya. 

"Selanjutnya untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan pemahaman masyarakat, pemangku kepentingan dan aparatur negara. serta notaris mengenai partai politik dan organisasi masyarakat di Indonesia, khususnya di Ketapang," papar Krisman. 

Tema kegiatan ini "Layanan Partai Politik yang Pasti Nyata Guna Tertib Administrasi Berbadan Hukum dalam Rangka Mendukung Prinsip Dasar Demokrasi di Ketapang". 

Hadir pada kegiatan ini perwakilan Pengadilan Negeri, Perwakilan Polres, Kejaksaan Negeri Ketapang, Lanal dan Dandim 1203 Ketapang. Pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Ketapang, perwakilan partai politik dan organisasi masyarakat. 

Sumber: Muhammad Saad-HumproDPRD Ketapang 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar