20 Tahun, Momentum Kota Singkawang Lebih Baik di Masa Depan

KBRN, Pontianak: Pemerintah Kota Singkawang menggelar acara Hari Jadi Pembentukan Pemerintah Kota Singkawang ke-20 Tahun, di Balairung Kantor Wali Kota Singkawang, Minggu (17/10/2021).

Atas nama Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat, Penjabat Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Barat (Pj Sekda Prov Kalbar), Samuel, S.E., M.Si., mewakili Gubernur Kalimantan Barat, menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi ke-20 Kepada Pemerintah Kota Singkawang dan segenap komponen masyarakat Kota Singkawang.

"Di usia ke-20 tahun ini, kita berharap menjadi momentum bagi Kota Singkawang untuk lebih hebat di masa yang akan datang, terutama pelayanan masyarakat dan menjalankan fungsi pemerintah serta pembangunan demi terwujudnya visi Pemerintah Kota Singkawang, yaitu Singkawang Hebat 2022," ungkap Pj Sekda Prov Kalbar.

Dua puluh tahun merupakan usia muda yang dipenuhi oleh gelora, semangat, dan cita-cita untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kota Singkawang. Kemajuan tersebut dapat dirasakan dengan semakin baiknya infrastruktur daerah, menggeliatnya roda kehidupan masyarakat pada aspek ekonomi, sosial, budaya,  pelayanan publik, tata kelola pemerintahan yang semakin baik, dan aspek-aspek lain yang telah memberikan dampak pada kesejahteraan masyarakat Kota Singkawang.

"Pencapaian pembangunan tersebut tentunya tidak lepas dari peran seluruh stakeholder dan elemen yang ada, baik itu pemerintah, masyarakat, maupun pihak swasta, untuk bersama-sama membangun Kota Singkawang," tutur Samuel, S.E., M.Si.

Selanjutnya, Pj Sekda Prov Kalbar juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama mencegah penyebaran Covid-19 di Provinsi Kalbar dengan selalu menerapkan protokol kesehatan. 

"Pandemi Covid-19 telah berlangsung selama 1 tahun ke belakang dan telah memberikan dampak yang sangat luas di masyarakat. Untuk itu, kita harus selalu mentaati protokol kesehatan. Meskipun demikian, segala upaya yang telah dilakukan secara bersama-sama melawan Covid-19 ini membuahkan hasil yang baik. Dapat dilihat dari angka keterjangkitan Covid-19 yang terus menggalami penurunan," ajak Pj Sekda.

Pertumbuhan ekonomi Prov Kalbar pada triwulan II tahun 2021 mencapai 10,81%. Pencapaian tersebut tentunya tidak lepas dari segala usaha dan upaya seluruh pihak yang mempunyai semangat tinggi, penuh rasa optimis, diiringi doa, dan pengharapan bahwa Kalbar bisa melwati dan menghadapi pandemi.

Di kesempatan yang sama, Walikota Singkawang, Tjhai Chui Mie,S.E., M.H., mengungkapkan Kota Singkawang sudah memasuki usia 20 tahun. Usia yang dapat dikatakan mencapai usia dewasa. Sebuah usia dewasa untuk berdikari, mandiri, dan matang dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik. Sebuah tata pemerintahan yang mampu mengayomi dan responsif atas kebutuhan masyarakatnya. Pemerintah yang dinamis untuk terus menyesuaikan dengan perkembangan yang terjadi baik pada aspek teknologi mapun aspek ekologi sosial masyarakat regional dan global.

"Di hari jadi ke-20 Pembentukan Kota Singkawang ini, kita masih dalam suasana pandemi Covid-19 yang saat ini masih melanda yang berdampak hampir pada semua aspek kehidupan masyarakat. Namun keadaan Pandemi ini tidaklah menjadikan kita semua pasrah dan menyerah. Tetapi sebaliknya, harus dapat dipandang sebagai sebuah tantangan bersama. Sebuah tantangan yang mampu membuat kita semakin lebih baik dalam melihat dan mengembangkan potensi-potensi yang ada. Untuk dijadikan momentum untuk maju berkembang dengan lebih tangguh," ungkap Tjhai Chui Mie, S.E., M.H.

Sebagaimana tema Peringatan Hari Jadi ke-20 Pembentukan Kota Singkawang Tahun 2021 yaitu 'SALING MELINDUNGI MENUJU SINGKAWANG HEBAT', merepresentasikan kasih sayang antar semua golongan dan lapisan masyarakat Kota Singkawang serta menumbuhkan rasa sadar untuk saling mengasihi untuk mengurangi penyebaran Covid-19.

Sumber Rilis Adpim Pemprop Kalbar

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00