Makna Dibalik Megahnya Sekretariat DPD Partai Demokrat Kalbar

KBRN, Pontianak : Satu diantara agenda kunjungan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) adalah meresmikan  Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Kalbar. Lokasinya, berada di Jalan Parit Haji Husein 2 Kota Pontianak.

Bangunan tiga lantai berdiri kokoh yang akan menjadi markas partai berlambang bintang mercy itu berdiri diatas tanah seluas 12 kali 18 meter, memaku bumi di atas tanah seluas 16 kali 45 meter.

Warna krem berpadu biru tua dan muda terlihat dengan jelas, struktur bangunan depan serupa perisai. Logo khas, bintang mercy, mematut di tengah perisai. Meski terlihat megah dan kokoh, bangunan ini terlihat menyatu dengan lingkungan sekitar. 

Konsep bangunan ini, membawa nuansa regional architecture with local touch. Hal ini ingin menandaskan jika Partai Demokrat adalah partai terbuka untuk semua pihak dan tetap kuat menjaga marwah partai. 

Karenanya, bangunan dengan konsep terbuka. Model rumah panggungdan unsur lokal perisai etnik pada fasad bangunan, menjadi representasi dalam bangunan. Dirancang dengan konsep etnik, namun tetap modern. Sesuai dengan prinsip partai. Sebelah sisi fasad bangunan perisai, terdapat dinding dengan model kotak-kotak, hal ini merupakan filosofi Pancasila dan keberagaman Indonesia. Lima kotak besar berarti jumlah sila dalam Pancasila, kotak lain merupakan keberagaman Indonesia.  

Adapun arsitek yang merancang Kantor Sekretariat DPD Partai Demokrat Provinsi Kalbar merupakan putra daerah bernama Nistain Odop. Rencananya, peresmian sekretariat itu dilakukan, Kamis 23 September 2021. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00