Norsan: Pemprov Kalbar Berupaya Penuhi Listrik Pedalaman & Perbatasan

KBRN, Pontianak: Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat telah melakukan sejumlah upaya terkait inovasi dan terobosan baru demi memaksimalkan penerapan listrik di wilayah pedalaman dan perbatasan.

Pertama, memaksimalkan potensi energi terbarukan untuk memenuhi kebutuhan listrik di wilayah perbatasan dan pedalaman Kalimantan Barat melalui perencanaan yang dilengkapi dengan studi kelayakan.

Kedua, mendorong dan memfasilitasi sektor swasta yang memiliki pembangkit listrik mandiri dan memiliki kelebihan energi listrik untuk bekerjasama dengan PT. PLN (Persero).

“Ketiga, diupayakan kedepan untuk membangun jaringan listrik bersumber dari APBD dengan memperhatikan aturan dan skema yang berlaku di PLN terkait aset,” ungkap Wakil Gubernur Kalimantan Barat Ria Norsan saat menyampaikan Jawaban Gubernur Kalbar atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD terhadap Nota Penjelasan Gubernur Kalbar tentang Raperda APBD-P TA 2021, pada Senin (20/9/2021) pagi.

Keempat, lanjut Norsan, memenuhi kebutuhan listrik selama ini telah dilakukan dengan terobosan melalui penyambungan listrik gratis untuk rumah tangga miskin dengan data rumah tangga sasaran yang berada di dekat jaringan listrik PLN, dan belum berlistrik serta masuk dalam data kemiskinan yang layak disubsidi. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00