FOKUS: #WASPADA KARHUTLA

Terkait Naik Dango dan Pekan Gawai Dayak, DAD Kalbar Belum Pastikan Jadwal

KBRN, Pontianak : Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalbar Jakiyus Sinyor belum bisa memastikan pelaksanaan Naik Dango dan Pekan Gawai Dayak tahun 2021. Pandemi Covid-19, satu diantara sebab yang masih dipertimbangkan. Namun demikian, Jakiyus menegaskan jika ritual dua kegiatan budaya masyarakat adat Dayak itu tetap dilaksanakan dengan protokol kesehatan Covid-19. 

"Karena kondisi covid inikan, kita masih mau dirapatkan dulu. Tahun kemarin (2020), naik dango itu ritual adatnya tetap. dengan seminar, inipun kita batasi," katanya Minggu (07/03/2021). 

"Kita masih tunggulah, karena sampai sekarang panitia juga belum dibentuk," timpal Jakiyus. 

Jakiyus menyebutkan, jika Naik Dango dan Gawai Dayak adalah agenda khusus bagi masyarakat adat Dayak. Tujuannya adalah bentuk syukur atas hasil panen selama satu tahun. 

"Inikan ucapan syukur kita. Bulan-bulan inikan musim panen, jadi kita ucapkan syukur pada Tuhan. Yang paling penting ritualnya itu, diadakan. Termasuk juga kearifan lokal dari nenek moyang," jelasnya. 

Jika melihat jadwal yang ada, untuk kegiatan Naik Dango akan digelar di Kabupaten Landak pada bulan Mei. Sementara Pekan Gawai Dayak sejauh ini belum terjadwal.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00