Diki Wahyudi dan Nurul Oktaviani, Wakili Kalbar di Pemilihan Duta GenRe Tingkat Nasional

KBRN, Pontianak : Diki Wahyudi dan Nurul Oktaviani keluar sebagai juara Pertama Duta Genre Kalimantan Barat 2020 yang digelar di Balroom Hotel IBIS Pontianak, Kamis malam (5/11/2020).

Kedua pemenang yang dinobatkan sebagai Duta Genre Kalimantan Barat 2020 ini  berhak mendapatkan tiket mewakili Kalimantan Barat di ajang Duta Genre Tingkat Nasional Tahun 2020. Diki Wahyudi Putra merupakan perwakilan PIK Remaja Nexa Senentang Kabupaten Sintang dengan motivasinya " Please believe on yourself, because you'll be unstopable". Sedangkan Nurul Oktaviani asal PIK Remaja Dirgantara Kabupaten Melawi dengan motivasinya, "Tumbuhlah bersama waktu, Kamu bagian dari cerita semesta, tetaplah tumbuh apapun kondisinya. Hidup cuma satu kali, hiduplah yang berarti".  Duta GenRe Kalimantan barat terpilih Nurul Oktaviani mengaku sangat termotivasi kearah yang lebih baik lagi dengan dinobatkkanya sebagai duta GenRe Kalimantan Barat.

“Terutama kita merasa Alkhamdulilah rasa syukur bias menjadi salah satu duta GenRe untuk Provinsi Kalimantan  Barat Tahun 2020 yang mana ini men jadi peluang kami untuk lebih dekan, lebih transparan dengan remaja melalui permasalahan-permaslaahannya, dan kami mencoba memberikan solusi di situ dan kami mencoba membangun relasi dengan teman-teman kami, khususnya remake  di daerah Kalimantan Barat”, harap Nurul Oktaviani.

Untuk menghadapi pemilihan Duta GenRe di tingkat Nasional, Nurul mengaku akan terus meningkatkan persiapan, mulai dari komitmennya melaksanakan programnya di lapangan, disamping persiapan dialam bentuk materi, termasuk diskusi dengan orang lain yanga kan menjadi jembatan untuk lebih meningkatkan kapasitas diri dan siap bersaing  secara sehat dengan remaja-remaja di seluruh Indonesia.

Di bagian lain, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Tenny Calveny Soriton mengatakan, pemilihan Duta GenRe ini merupakan yang ke-10 kalinya  yang diawali di tahun 2010. Tenny mengakui ajang bergensi ini termasuk Pemilihan Duta GenRe yang memprihatinkan karena berlangsung di tengah Pandemi Covid-19.

Dari 14 Kabupaten Kota hanya 12 yang mengikutsertakan perwakilannya, karena Covid menjadi  tantangan bagi anak-anak di Kabupaten yang terhalang Covi1-19, yaitu Kabupaten landak dan  Kayong Utara yang tidak dapat mengirimkan  pesertanya untuk Pemilihan Duta GenRe 2020. Tenny menyatakan kedua Duta GenRe putra-putri terpilih Kalbar ini akan diikutsertakan Pemilihan Duta GenRe tingkat Nasional secara Virtual pada Desember mendatang.

Tenny menuturkan Pemilihan Duta Genre di tengah Pandemi Covid ini memang penilaiannya sama, hanya saja caranya  dalam melaksanakan Lomba, karena ada beberapa kegiatan yang seharusnya tatap muka, tetapi harus secara virtual.

“Begitu juga dengan pengetatan-pengetatan yang dilaksanakan, karena setiap peserta  yang diutus  dikirim untuk  tingkat provinsi, dia harus melaksanakan dulu rapid tes, dan pemeriksaan kesehatan lainnya untuk meyakinkan bahwa dia terbebas dari Covid-19, dalam setiap pertemuan”, tegas Tenny.

Kaper BKKBN Kalbar ini mengaku jauh sebelumnya juga sudah menekankan agar dalam pemilihan Duta GenRe telah diberikan materi-materi tentang bagaimana pencegahan Covid-19, karena akan menjadi roll model di Kabupaten masing-masing setelah kembali, bahkan bagaimana protocol kesehatan harus diterapkan, karena paling utama. (Hermanta).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00