Disdikbud Kubu Raya Matangkan Persiapan PPDB SMP

KBRN, Kubu Raya : Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) terus mematangkan persiapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP yang dilaksanakan di Kubu Raya pada tanggal 1 sampai 4 Juli mendatang.

"Sampai saat ini kita terus mematangkan persiapan untuk pendaftaran PPDB tingkat SMP di Kubu Raya. Untuk itu kita mengimbau kepada orang tua calon peserta didik baru untuk bisa terus memantau proses pedaftaran penerimaan di setiap sekolah yang akan dituju," kata Kepala Bidang Pendidikan Menengah, Disdikbud Kubu Raya, Firdaus di Sungai Raya, Selasa (30/6/2020).

Firdaus mengatakan, untuk PPDB  tingkat SMP di Kubu Raya dilakukan dengan tiga cara, yang pertama adalah full online, kombinasi dalam jaringan dan luar jaringan dan dengan cara luar jaringan dimana calon peserta didik baru melakukan pendafaran langsung ke sekolah.

"Namun, karena situasi COVID-19 yang masih belum selesai saat ini, untuk proses pendaftaran luar jaringan di sekolah, kita sudah menekankan kepada pihak sekolah untuk menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19, dan saat pendaftaran yang harus hadir adalah orang tua dari calon peserta didik," tuturnya.

Firdaus menjelaskan, di Kubu Raya belum bisa sepenuhnya menerapkan sistem dalam jaringan untuk proses PPDB mengingat masih banyak daerah di Kubu Raya yang sulit diakses internet, sehingga pihaknya menerapkan proses pendaftaran dengan tiga cara tersebut.

Sementara untuk proses pendaftaran dengan sistem dalam jaringan, para calon PPDB bisa melakukan proses pendaftaran pada link pendaftaran yang sudah disiapkan oleh sekolah. Dalam hal ini, Disdikbud Kubu Raya memberikan kewenangan kepada sekolah untuk berkerasi menggunakan aplikasi sendiri atau memanfaatkan aplikasi pendaftaran yang tersedia di google playstore atau web tertentu.

"Kemudian untuk sistem luar jaringan dan dalam jaringan, ini juga sudah diatur ketentuannya dan sudah dipahami oleh setiap sekolah untuk menerima proses pendaftaran," ucapnya.

Terkait proses PPDB tersebut, pihaknya mengimbau kepada orang tua untuk aktif dalam menerima informasi dari pihak sekolah. 

"Kemudian kita juga mengingatkan kepada sekolah untuk bisa terbuka dalam proses pendaftaran ini, demi kelancaran proses penerimaan tersebut," paparnya.

Firdau menambahkan, untuk jumlah SMP yang ada di Kubu Raya Negeri sebanyak 148 terdiri dari SMP negeri dan swasta, dimana dari jumlah tersebut dimungkinkan mencukupi untuk penerimaan siswa baru di Kubu Raya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00