Titah Raja Kubu Yang Dipertuan Akbar Syarif Ibrahim Bin Nyoh Al Idrus

KBRN, Pontianak : Pada Penobatan Raja Kubu dan Haul Syarif Idrus Bin Abdurrahman Al-Idrus yang berlangsug di Komplek Makam Raja Kubu Pertama  Desa Kubu Kecamatan Kubu, pada 26 Dzulaqaidah 1443 M atau 26 Juni 2022 kemarin ada sisi lain yakni titah Raja atau ajakan yang cukup bijaksana.

Reporter RRI saat berbincang dengan Raja Kubu Selasa (28/6/2022) mengatakan, harus dibedakan antara Raja saat ini dengan Raja dimasa lampau.

“Yang pasti saya tidak mencari kekuasaan dan memang tidak mempunyai kekuasan, tetapi bagamana mempertahankan, melesatarikan budaya. Jangan sampai silsilah Raja Kubu Pertama, Habib Idrus Bin Abdurrahman Al Idrus tidak hilang tergerus jaman. Dan yang pasti sinergi dengan Pemerintah Daerah.” kata Raja Kubu.

Masih kata Raja, mengingat hal itu sehingga Raja mengajak,  semua Zuriat Syarif Ibrahim Bin Nyoh Al Idrus bersama masyarakat untuk :

1.Dengan sepenuh hati, dengan niat yang tulus mengangkat marwah kerajaan kubu secara utuh, tegak dan kokoh.

2.Membudayakan dan menjunjung tinggi nilai nilai adat istiadat , tradisi dan budaya sebagai kearipan local dari nilai leluhur kepribadian daerah.

3.Menyatukan keberagaman demi mewujudkan keutuhan dan ketentraman dalam kehidupan bermasyarakat.

Titah Raja itu juga tercermin pada penobatan dengan mengusung tema “Orientasi Akar Budaya Kerajaan Kubu”

Untuk diketahui, acara Penobatan Raja Kubu dan Haul  terdiri dari dua sesi. Sesi pertama, meliputi pembacaan kalam ilahi, pencabutan mandat oleh ketua datok majlis kerajaan, ikrar Kerajaan Kubu oleh Datok dan Raja dilanjutkan pembacaan naskah penobatan oleh Datok dan Raja.

Setelah penandatanganan ikrar dan naskah penobatan oleh Raja dan Datok, fatwa yang Dipertuan Akbar Raja Kubu oleh Sy Ibrahim Bin Nyoh Al Idrus. Selanjutnya, Raja Kubu beserta rombongan berziarah ke makam Raja Kubu Pertama, Habib Idrus Bin Abdurrahman Al Idrus. Ziarah ini sebagai bentuk penghormatan raja dan rombongan terhadap leluhur  Kerajaan Kubu.    

Untuk sessi kedua,  Haul Sy Idrus bin Abdurahman Al Idrus berlangsung di Masjid Jami Kubu, diisi pembacaan tahlil dan doa serta tausiyah oleh Al Habib Imam Yakob Al Qadrie.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar