Sy. Ibrahim Bin Nyoh Al Idrus Dinobatkan Menjadi Raja Kubu

KBRN, Pontianak : Setelah sempat vakum selama kurang lebih dua tahun, Kepemimpinan Raju Kubu kini  disahkan dalam  acara Penobatan Raja Kubu dan Haul Syarif Idrus Bin Abdurrahman Al-Idrus, di Komplek Makam Raja Kubu Pertama  Desa Kubu Kecamatan Kubu, Minggu (26/6/22).

Pada penobatan itu dihadiri utusan  Kerajaan Sabambam Batulicin Kalimantan  Selatan, Perwakilan dari Pemkab Kuburaya, Kepolisian, TNI serta keluarga besar kerajaan.

Raja beserta rombongan langsung menuju Komplek pemakaman raja kubu pertama untuk penobatan yang dimulai pukul 09.00 wib. Dengan mengusung tema “Orientasi Akar Budaya Kerajaan Kubu” acara Penobatan Raja Kubu dan Haul ini terdiri dari dua sesi. Sesi pertama, meliputi pembacaan kalam ilahi, pencabutan mandat oleh ketua datok majlis kerajaan, ikrar kerajaan kubu oleh datok dan raja dilanjutkan pembacaan naskah penobatan oleh datok dan raja.

Setelah itu penandatanganan ikrar dan naskah penobatan oleh raja dan datok, fatwa yang dipertuanakbar Raja Kubu oleh Sy Ibrahim Bin Nyoh Al Idrus.Selanjutnya, Raja Kubu beserta rombongan berziarah ke makam Raja Kubu Pertama, Habib Idrus Bin Abdurrahman Al Idrus. Ziarah ini sebagai bentuk penghormatan raja dan rombongan terhadap leluhur  kerajaan kubu.    

Untuk sessi kedua,  Haul Sy Idrus bin Abdurahman Al Idrus berlangsung di Masjid Jami Kubu, diisi pembacaan tahlil dan doa serta tausiyah oleh Al Habib Imam Yakob Al Qadrie, penutupan dan foto bersama.

Ketua Mufti Kerajaan Kubu Dr. Sy Kamaruzzaman usai penobatan menyatakan acara ini prosesi bersejarah bagi  Kerajaan Kubu.  Karena  telah berlangsung penobatan Raja Kubu Sy  Ibrahim Bin Nyoh Al Idrus untuk menerima amanah dan mandat yang diberikan Majlis Tinggi Kerajaan Kubu. 

“Alhamdulillah berjalan lancar. Semoga ini menjadi starting poin Kerajaan Kubu memberikan warisan budaya bagi masyarakat,  di  Kubu ini memiliki keraajaan. Sebagai keturunan Al Idrus kami juga terus menggali potensi budaya yang  ada dan melestarikannya,” terangnya.  

Pihak kerajaan lanjutnya akan mendukung kebijakan pemerintah. Kerajaan senantiasa bersinergi dengan pemerintah untuk menyukseskan program-program yang ada dari berbagai aspek.  Terutama program budaya dan pariwisata, program ini tekannya lagi harus didukung penuh karena hadirnya kerajaan juga berfungsi  melahirkan  nilai-nilai sejarah dan budaya yang harus terus dilestarikan dan diketahui masyarakat.

Raja kerajaan kubu, Sy Ibrahim bin Nyong Al Idrus memberikan  tiga fatwa untuk mengajak semua zurriyat Sy Idrus Bin Abdurrahman Al Idrus bersama masyarakat bisa bersatu.

“Pertama saya mengajak  semua zurriyat Sy Idrus Bin Abdurrahman Al Idrus bersama masyarakat untuk sepenuh hati mengangkat  marwah kerajaan kubu secara utuh tegak dan kokoh. Kedua membudayakan dan menjunjung tinggi nilai-nilai adat istiadat tradisi dan budaya sebagai kearifan lokal dari nilai leluhur kepribadian daerah. Ketiga menyatukan keberagaman demi mewujudkan keutuhan dan ketentraman dan kehidupan masyarakat .” imbuhnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar