Siap Kerja, Dewan Usulkan Materi Khusus SMA

KBRN, Pontianak : Anggota DPRD Provinsi Kalbar Tony Kurniadi meminta pemerintah daerah memberikan motivasi agar pelajar lulusan SMA melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi. 

Menurutnya, melihat ketersediaan lapangan pekerjaan yang minim, maka potensi lulusan SMA bekerja sangat kecil. Apalagi dengan hanya mengandalkan wajib belajar 12 tahun atau hanya memiliki ijazah SMA. 

“Pemerintah memotivasi para lulusan itu,” ucapnya.

Selain itu lanjut Tony, Pemprov Kalbar juga  menyiapkan para lulusan yang siap kerja. Jika konsep dari SMK adalah menyalurkan siswa yang tidak ingin lanjut ke perguruan tinggi. 

Tony Kurniadi mengungkapkan, pemerintah daerah meski membekali anak-anak SMA dengan kemampuan kewirausahaan. Materi itu bisa dimasukkan pada muatan lokal yang diajarkan di sekolah-sekolah.

“Kalau SMK sudah jelas karena ada keterampilan disesuaikan dengan lapangan pekerjaan yang ada. SMA juga ada solutif alternatif. Jika lulusannya tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Perbanyak materi kewirausahaan namun yang cocok dengan potensi di daerahnya,” tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar