Gawai Naik Dango XV Kabupaten Sambas, Ajang Perkuat Silaturahmi Untuk Sambas Berkemajuan

KBRN, Pontianak, Melani Astuti, Anggota DPRD Kab. Sambas selaku ketua Panitia Gawai Naik Dango XV tahun 2022 Bersyukur Naik Dango XV 2022 dapat terselenggara walau ditengah pandemi. Masyarakat Dayak kata dia  Antusias dengan gelaran Gawai Naik Dango.

"Gelaran Gawai Naik Dango XV Tahun 2022 ini adalah gelaran kedua di Ramin Bantang Sambas. Kami bersyukur, kami bisa melaksanakan Gawai Naik Dango, masyarakat kami begitu antusias dengan pelaksanaan tahun ini. Walaupun ditengah kondisi Pandemi, Gawai Naik Dango mendapat sambutan meriah masyarakat" papar Melani.

Dalam laporannya, Melani menyisipkan pesan agar adanya Dukungan untuk pembangunan Ramin Bantang dan optimalisasi penggunaan Ramin Bantang sebagai simbol Budaya Dayak Kab. Sambas. Ramin Bantang sebut dia adalah bagian dari simbol Budaya Masyarakat Dayak.

"Semoga kedepan, semua stakeholder turut memberikan perhatian pada Ramin Bantang Sambas ini, bisa menjadi alternatif wisata di Kab.upaten Sambas," terang Melani.

Wakil Ketua I DPRD Kab. Sambas, Ferdinan Syolihin SE, menyambut baik pelaksanaan Gawai Naik Dango XV Tahun 2022. Dia mengapresiasi Gawai Naik Dango mengedepankan rasa Cinta Tanah Air dan Budaya.

"Apresiasi pada penyelenggaraan Gawai Naik Dango XV Kab.upaten Sambas. Momentum Gawai ini bagian dari upaya meningkatkan Rasa Cinta Tanah Air dan Budaya dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kab.upaten Sambas," ungkap Wakil Ketua DPRD Ferdinan Syolihin.

Yakop Pujana, Anggota DPRD Kab. Sambas dari Fraksi PKB, turut memberi dukungan pada gelaran Gawai Naik Dango XV Kab. Sambas Tahun 2022. Menurut Yakop, Gawai Naik Dango memang Ajang Silaturahmi Masyarakat Kab.upaten Sambas.

"Gawai Naik Dango adalah bagian dari Jati diri seni budaya kearifan lokal masyakat dayak, bagian dari sejarah masyarakat sambas. Tentunya ini perlu kita apresiasi, dijaga dengan baik. Dan momentum ini bisa menjadi kalender wisata Kab.upaten Sambas," jelas Yakop Pujana.

Drs Cornelis MH, Anggota DPR RI, mengingatkan momentum Gawai Naik Dango, momentum masyarakat Dayak Peduli pada pembangunan Sumber Daya Manusia. Kata dia, Stunting mengancam Kondisi Sosial Masyarakat. Cornelis minta masyarakat menjaga kebudayaan-kebudayaan yang ada. Gawai Naik Dango ini kata dia adalah bagian dari mengenang sejarah bagaimana peradaban masyarakat Dayak dulunya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar