Gawai Dayak Suruk, Jaga Eksistensi Adat dan Budaya       

KBRN, Pontianak :  Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan membuka Gawai Begugo ke VII Suku Dayak Suruk, Desa Tekalong, Kecamatan Mentebah, Kapuas Hulu.

Kegiatan yang dilaksanakan selama empat (4) hari itu dengan tema "Mempertahankan Eksistensi Budaya Adat dan Tradisi Suku Dayak Suruk Di Era Digitalisasi dan Perkembangan Zaman".

Pada Kesempatan itu Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan Gawai Dayak Suruk ke tujuh di Desa Tekalong, kegiatan gawai Dayak juga merupakan tradisi atau adat istiadat turun menurun yang dilaksanakan setiap tahunnya oleh masyarakat Suku Dayak.  

  "Di mana kita mensyukuri atas berkat yang Tuhan berikan, terhadap panen pada tahun ini," katanya.

"Ini adalah suatu acara menyatakan kegembiraan ucapan syukur kita kepada tuhan, dimana masyarakat kita bersukacita baik itu dengan bernyanyi tradisional dan sebagainya," paparnya.

Bupati Sis juga meminta kepada masyarakat dan para generasi muda, untuk terus melestarikan adat dan budaya, agar adat dan budaya kita tidak hilang, sehingga kedepan bisa menjadi daya tarik dari masyarakat dalam maupun luar negeri untuk mengunjungi ragam budaya dan adat yang ada di kapuas hulu.

"Saya juga berharap kepada semua warga agar selalu menjaga keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan acara gawai Dayak ini, itu merupakan ucapan syukur kita kepada Tuhan," harapannya.

Bupati Sis juga berpesan, agar dalam pelaksanaan gawai Dayak ini tetap menerapkan disiplin protokol kesehatan, walaupun saat ini kita ketahui kondisi pandemi COVID-19 sudah sangat terkendali, tetapi kita tidak boleh lengah.

"Bagi Masyarakat yang belum di vaksinasi, agar segera melakukan vaksinasi, karena vaksinasi ini sangat bermanfaat," tuturnya.

Sementara itu Temenggung Suku Dayak Suruk Marten Rasip, Berharap ke depan Suku Dayak Suruk, bisa memiliki rumah adat, karena sampai saat ini Suku Dayak suruk belum memiliki rumah adat.

"Mudah-mudahan ke depan Dayak Suruk bisa memiliki rumah adat," pungkasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar