Bupati Muda : Festival Literasi Budaya Nusantara, Cara Kubu Raya Bangun Karakter Unggul Kepada Siswa

KBRN, Pontianak : Bupati Kubu Raya Kalimantan Barat (Kalbar) Muda Mahendrawan mengapreasiasi Festival Literasi Budaya Nusantara yang ditampilkan pelajar SMPN 2 Sungai Raya yang mampu memberikan energi dan dampak untuk memperkuat akar budaya yang ada di republik ini.

“Kegiatan ini merupakan momentum perekat dan ini juga bagian dari best practice (praktik baik) dalam literasi budaya yang langsung memberikan dampak dan nilai budaya. Diantaranya, kita bisa langsung menukik kepada hal-hal yang bisa menimbulkan suatu pemahaman bersama, kalau Indonesia itu besar dan memiliki banyak adat dan budaya. Sehingga kita mampu menimbulkan perspektif yang lebih luas lagi”, kata bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan di sela menyaksikan Festival Literasi Budaya Nusantara di SMPN 2 Sungai Raya, Senin (23/5/2022) pagi.

Menurut bupati Muda, Festival Literasi Budaya Nusantara ini sangat luar biasa dampaknya, karena dengan sendirinya bisa membuat peserta didik mampu membangun team work dan mengorganisir kelas dan ini juga bisa membangun karakter unggul bagaimana akar budaya itu bisa difahami lebih baik lagi.

“Dengan Festival Literasi Budaya Nusantara anak didik kita bisa menggunakan pakaian adat dengan mengenal budaya yang ada di republik ini. Selain itu kegitan ini juga akan memasakan mereka di setiap kelas agar bisa mempelajari dan mengkolaborasikan cara berfikir dalam membangun akar budaya dikalangan pelajar”, ujarnya.

Dirinya menilai, dengan slogan ‘Dari Kubu Raya Untuk Indonesia’ itu memang sejak dulu telah menancapkan ke dalam jiwa para pelajar Kubu Raya, termasuk dalam kegiatan ini merupakan bagian untuk menanjakan wawasan dan sekaligus persatuan rasa ke-Bhinnekaan itu akan muncul karena adanya panggilan nurani dan tanggung jawab.

“Saya kira ini begian dari cara Kubu Raya untuk menanamkan panggilan nurani bagi pelajar kita. Parade Festival Literasi Budaya Nusantara ini akan kita tampilkan pada Ulang Tahun Kubu Raya ke-15 pada 17 Juli mendatang. Saya harap apa yang ditampilkan di SMPN 2 ini akan menjadi model bagi sekolah-sekolah lainnya di Kubu Raya dan model yang dilakukan di SMPN 2 ini bisa direplikasikan, karena ini sangat bagus sekali”, kata Muda.

Bupati Muda menyampaikan, kedepannya setiap sekolah harus juga harus bisa mereplikasikan Festival Literasi Budaya Nusantara ini dan setiap kelas nantinya bisa menampilkan budaya disetiap provinsi yang ada di Indonesia agar para pelajar ini juga berusaha masuk ke dalam alam atmosfir di daerah itu. Sehingga nantinya ada imajinasi-imajinasi yang muncul di dalam fikiran setiap peserta didik.

“Dengan adanya kegiatan ini juga kan membuat anak-anak kita akan berfikir lebih luas lagi, karena meraka akan mampu mengimajinasikan fikiran mereka terhadap ada dan budaya yang ada di masing-masing provinsi”, jelasnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar