Pengurus Pemuda Dayak Ketapang Periode 2022 s/d 2027 Dilantik

KBRN, Pontianak: Ketua Komisi II DPRD Kabupaten Ketapang Uti Royden Top dan Sekretaris Komisi II Yakobus Dingum Sudi Yanto, A.Md menghadiri Pelantikan Pengurus Pemuda Dayak Kabupaten Ketapang periode 2022-2027 di Aula Pendopo Bupati Kabupaten Ketapang, Sabtu (15/01/2022).

Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang Alexander Wilyo, S.STP, M.Si dalam sambutannya mengatakan organisasi ini harus mempunyai ciri khas sendiri dan menunjukkan eksistensinya dalam membantu membangun Kabupaten Ketapang, tidak sebaliknya malah berkontribusi negatif terhadap pembangunan pemerintah Kabupaten Ketapang.

“[Misalnya] berperan dalam memberantas narkoba dimulai dari ketua sampai anggota itu sendiri, jangan sampai saudara kita terlena dengan narkoba, ini adalah politik dalam menghancurkan bangsa,” kata sekda.

Ia berpesan agar menjaga kekompakan, kurangi kepentingan pribadi utamakan kepentingan organisasi, jangan merusak nama Dayak dan menjaga hubungan sinergis dengan organisasi-organisasi lainnya serta membantu pemerintah dalam pembangunan.

Selain itu, organisasi Pemuda Dayak Kabupaten Ketapang harus mampu meningkatkan peran sertanya dalam rangka menguatkan keberadaan masyarakat Dayak di masa depan.

“Saya mewakili Pemerintah Kabupaten Ketapang berharap kepada segenap pengurus dan anggota Pemuda Dayak Kabupaten Ketapang agar selalu berupaya menyamakan, menyatukan dan menyelaraskan program kerja dan kegiatan organisasi dengan kebijakan pemerintah sebagai upaya mewujudkan tujuan yakni ambil bagian dalam proses pembangunan serta bisa memberi nilai lebih dalam bentuk peran dan fungsinya bagi peningkatan kualitas kehidupan masyarakat yang berbudaya, mampu membangun komunikasi luwes antara masyarakat dan pemerintah daerah, selain itu pemuda Dayak hingga saat ini telah menjaga dan melestarikan budaya leluhur, karena "budaya leluhur merupakan jati diri bagi masyarakat adat Dayak" sehingga tidak tergeser oleh perkembangan zaman,” ungkap sekda.

Demikian juga dengan program kerja organisasi agar benar-benar ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dalam rangka wujud partisipasinya dalam pembangunan nasional berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Harus juga membangun komunikasi dengan organisasi lain demi kondusifitas daerah.

Sekda juga mengajak kepada seluruh pengurus untuk menjadikan organisasi Pemuda Dayak Kabupaten Ketapang sebagai rumah tempat saling berkolaborasi mengimplementasikan visi misi bersama, serta, menjadi pelopor pelestarian adat dan budaya, menuju pemuda Dayak yang cerdas, inovatif, berpendidikan, berintegritas, kompetitif, bermartabat, berbudaya, profesional dan berdaya saing serta menjadi contoh bagi pemuda-pemudi lain dalam pembangunan.

“Sekali lagi pesan yang ingin saya sampaikan kepada para pengurus dan anggota, yaitu `apabila kita diberikan amanah kecil, kemudian kita tunaikan dengan kesungguhan yang besar, maka berarti kita sedang menyiapkan diri untuk diberiku amanah yang lebih besar`. Selamat dan sukses kepada pengurus baru Pemuda Dayak Kabupaten Ketapang periode 2022-2027 semoga dapat menjalankan amanah dan kepercayaan yang telah diberikan,” ucap sekda.

Acara pelantikan juga dihadiri oleh Uskup Agung Kabupaten Ketapang, Ketua Dewan Adat Kabupaten Ketapang, Wakil Ketua Umum Pemuda Dayak Kalimantam Barat, perwakilan dari Polres Ketapang, perwakil dari Kodim 1203/Ketapang, Dewan penasehat, pembina dan pengurus Pemuda Dayak Kabupaten Ketapang. 

Acara diawali dengan pembukaan oleh ketua panita kegiatan, dilanjutkan pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan pengurus oleh Wakil Ketua Pemuda Dayak Kalimantan Barat Ardianus, S.Pd., M.Pd., dan penandatanganan berita acara.

Sumber: Muhammad Saad-HumproDPRD DPRD Ketapang

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar