Lomba Sains Terapan Resmi Ditutup, SMAK Santo Petrus Raih Juara 1

KBRN, Pontianak: Lomba Sains Terapan (Science Experiment Contest) 2021 mulai tingkat SD hingga SMA/SMK/MA Se Kota Pontianak yang digelar UPT Pusat IPTEK dan Bahasa Kota Pontianak hari ini resmi ditutup oleh Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Pontianak Iwan Amriadi Senin (20/09/2021) di Aula Dikbud Kota Pontianak.

Pada kesempatan itu, juga ditetapkan Juara 1 hingga Harapan 3 dari masing-masing kategori dari SD hingga SMA. Dimana untuk tingkat SMA yang diwakili oleh Jevon Naldo Yoshield dan Djapsen Thebrianto asal sekolah SMA Katolik Santo Petrus Pontianak berhasil meraih Juara Pertama.

Saat ditemui RRI, Jevon mengaku cukup terkesan, dengan lomba sains terapan yang dilaksanakan oleh UPT Pusat IPTEK dan Bahasa Kota Pontianak. Karena, dengan adanya lomba sains ini, dirinya bersama rekan setim bisa mengaplikasikan konsep eksperimen ‘Kesetimbangan Benda Tegar pada Bangunan Tensegrity’. Dirinya berharap, konsep ini kedepan bisa memberikan manfaat kepada orang lain.

“Lomba sains terapan ini sangat menarik dan saya bangga bisa meraih juara 1 bersama rekan setim saya. Lomba ini pun lebih mementingkan kerjasama tim, apakah menguntungkan manusia atau tidak. Seperti yang diungkapkan Pak Iwan Amriadi tadi, hal yang ada di dunia ini merupakan pemberian Tuhan, manusia hanya bisa meniru dan mengembangkan menjadi lebih baik untuk keuntungan masing-masing manusia,” ungkapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Pontianak Iwan Amriadi mengungkapkan, pada lomba sains terapan 2021 ini sudah melahirkan peserta didik yang berjiwa dan bersemangat sains. Dirinya cukup mengapresiasi para guru dan mentor, telah menciptakan suasana iklim yang baik dalam membina mensuport anak didiknya untuk dapat meraih prestasi.

Kedepan, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap beberapa sekolah yang tidak mengirimkan utusan, terutama sekolah negeri yang seharusnya bisa mengutus lebih banyak peserta.

“Semangat sains pada anak-anak sudah seharusnya diperluas. Saya akan lakukan evaluasi untuk beberapa tahun terakhir, karena yang ikut ini kan sekolah itu-itu saja. Berbicara mengenai semangat sains, seharusnya seluruh sekolah bisa mengikuti dan mengirimkan calonnya. Terutama sekolah negeri, kalau kita lihat ini masih ‘tidur’,”jelasnya.

Senada dengan Kepala UPT Pusat IPTEK dan Bahasa Kota Pontianak Teguh Sapto Prijadi, dimana setelah cukup sukses melaksanakan lomba sains terapan untuk tingkat SD hingga SMA tahun ini, kedepan pihaknya akan menyelenggarakan lomba serupa dengan melibatkan lebih banyak partisipan.

“Kedepan kita coba adakan lomba ini dengan skala lebih besar lagi. Mungkin ada lomba sains jenis lain, misalkan Roket Air. Kalau masih tidak boleh, kita adakan lomba diluar yang ini,” tutupnya.

Sementara itu, Juara 2 Lomba Sains Terapan tingkat SMA juga diraih SMAK Santo Petrus Pontianak dengan eskperimen ‘Penerapan Hukum Bernoulli pada Pompa Air tanpa Listrik’, serta Juara 3 diraih SMA Negeri 8 Pontianak dengan judul eksperimen ‘Cairan Ooblek yang Menakjubkan’.

Sedangkan, Juara Harapan 1, 2 dan 3 diraih, SMAK Santu Petrus Pontianak, SMA Negeri 1 Pontianak, dan SMTI Pontianak.

Selain itu, Juara 1 Sains Terapan tingkat SMP, diraih SMPIT Nurul Wahdah Pontianak, Juara 2, SMP Muhammadiyah 1 Pontianak, dan Juara 3 SMPIT Nurul Wahdah Pontianak, serta Juara 3, SMPIT Nurul Wahdah Pontianak. Juara Harapan 1, SMP Negeri 21 Pontianak, Harapan 2, diraih SMPIT Al Mumtaz Pontianak, dan Harapan 3, SMP Negeri 18 Pontianak.

Selanjutnya untuk kategori SD, Juara 1 berhasil diperoleh perwakilan SDK Immanuel Pontianak, dengan eksperimen Replika Lampu Lalu Lintas. Juara 2, juga diraih dari SDK Immanuel Pontianak judul eksperimen Cartesian Diver, serta Juara 3, SD Bruder Melati Pontianak judul eksperimen Konveksi Udara.

Juara Harapan 1, SD Bina Mulia, Harapan 2, SD Muhammadiyah 1 Pontianak, serta Harapan 3, SD Swasta Adicita Mulia.

Disamping itu, dewan juri juga metetapkan Juara Favorit tingkat SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/SMK/MA, berdasarkan jumlah likes terbanyak di kanal Youtube UPT Pusat IPTEK dan Bahasa Kota Pontianak, diantaranya, Favorit 1, SD Bruder Melati Pontianak (1.415 likes), Favorit 2, SMP Swasta Adicita Mulia Pontianak (1.010 likes), serta Favorit 3, SMA Negeri 8 Pontianak (464 likes).

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00