Siapkan Wilayah Pertahanan dan Kekuatan Pendukung yang Handal, Kodam XII/Tpr Beri Pembekalan Kader Rakyat Terlatih

KBRN, Pontianak : Guna  menyiapkan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya yang handal, Komando Daerah Militer XII/Tanjungpura melaksanakan Pembekalan Kader Rakyat Terlatih Tingkat Kotamawil TA 2021di Wilayah Kodam XII/Tpr bertempat di Aula Abdul Rani IAIN Pontianak, Jumata (17/9/2021).

Pembekalan dibuka oleh Pabandya Wanwil Sterdam XII/Tpr, Letkol Inf Bayu Yudha. Diikuti sebanyak 200 peserta yang berasal dari organisasi kemasyarakatan serta para pelajar dari wilayah Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya. Kegiatan kali ini mengambil tema, "Kader Rakyat Terlatih yang Patriot dan Cinta Tanah Air".

Pembekalan dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 17 sampai dengan 20 September 2021. Adapun materi yang diberikan yaitu diantaranya wawasan kebangsaan dan nasionalisme, pengetahuan Covid-19, Materi PBB dan PPM, pengenalan komunikasi radio, pengetahuan kesehatan lapangan dan materi Outbond.

Pabandya Wanwil Sterdam XII/Tpr, Letkol Inf Bayu Yudha menyampaikan, berdasarkan Undang-UndangRepublik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 pasal 1 point 6 dijelaskan bahwa sistem pertahanan negara adalah sistem pertahanan yang bersifat semesta yang melibatkan seluruh warga, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya.

"Serta dipersiapkan secara dini oleh

pemerintah dan diselenggarakan secara total, terpadu, terarah, dan berlanjut untuk menegakkan kedaulatan negara, keutuhan wilayah, dan keselamatan segenap bangsa dari segala ancaman," ujarnya saat membacakan sambutan Aster Kasdam XII/Tpr.

Letkol Inf Bayu Yudha mengatakan, guna terwujudnya sistem pertahanan yang bersifat semesta, TNI AD melaksanakan Pemberdayaan Wilayah Pertahanan di darat melalui kegiatan Pembinaan Teritorial, yang hakekatnya ialah kegiatan penyiapan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini

sesuai sistem pertahanan semesta serta upaya untuk membangun, memelihara, meningkatkan dan memantapkan kemanunggalan TNI-Rakyat.

Selanjutnya kata Pabandya Wanwil, adapun sasaran yang ingin dicapai, diantaranya, terwujudnya masyarakat yang memiliki pengetahuan, keterampilan dankesadaran dalam Bela Negara. Terwujudnya komponen masyarakat yang memiliki pengetahuan dan kesadaran dalam membela Negara Indonesia.

Kemudian, tersedianya Kader Rakyat Terlatih berupa Sumber Daya Manusia sebagai komponen cadangan dan komponen pendukung dalam rangka Pertahanan Negara (khususnya Bin Wanra) serta erpeliharanya kemampuan Rakyat Terlatih sehingga tercipta Alat Juang yang tangguh untuk pemberdayaan wilayah pertahanan.

"Diharapkan sekembalinya dari sini

para peserta mampu mengaplikasikan materi yang telah diberikan oleh pemateri di lingkungannya masing-masing," pungkasnya mengakhiri. (Pendam XII/Tpr)

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00