Bupati Muda : Calon Kepala Sekolah Harus Smart, Responsif dan Berfikir Solutif

KBRN, Kubu Raya : Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan menilai, kepala sekolah ini merupakan kunci keberhasilan bagi perjalanan pendidikan, selain itu Pendidikan dan pelatihan (Diklat) yang dilakukan Calon Kepala Sekolah (CKS) selam tiga bulan itu untuk menumbuhkan perspektif yang tepat dan juga upaya untuk memperkuat sikap manajerial yang benar dan sesuai dengan zamannnya.

“Yang mana di era sekarang membutuhkan kepemimpinan yang lebih apresiatif dan progresif. Mengingat di era cepat saat ini, tentu banyak adaptasi yang harus disesuaikan dan dibutuhkan cara utuk lebih smart dan responsif dan efektif serta cara berfikir yang solutif”, kata Bupati Muda di Sungai Raya, Kamis (17/6/2021).

Bupati mengharapkan, meski PTM saat ini belum dilakukan, tapi apa yang dilakukan ini menjadi cikal bakal sebagai penguatan kompotensi guru dan untuk menggelorakan supaya dedikasinya terhadap dunia pendidikan semakin kuat, apalagi konsep merdeka belajar itu sudah jelas dan ini lebih mengutamakan bagaimana melakukan kompotensi akademis agar membangun karakter, karena setiap murid yang dididiknya memiliki karakter, talenta dan fashion yang kuat disetiap masing-masing murid.

“Tentulah pola-pola yang dilakukan ini sudah lebih banyak diskusi dan lebih banyak secara legaliter sehingga memberikan ruang-ruang untuk terciptanya ide-ide cermelang best practice yang bisa muncul baik dari kepaala sekolah maupun murid-murid. Karena kepala sekolah juga dibebani dengan administratif, laporan keuangan dan segala hal”, ucapnya.

Bupati menilai, konsep manajerial kepala sekolah yang sangat produktif itu membutuhkan team work bagi semua guru yang menjadi aset yang harus dipandang, termasuk juga orang tua siswa, komite sekolah dan semua stekholdernya.

“Para guru ini juga harus bagaimana menggali ide dan gagasan-gagasan yang terus tidak pernah berhenti dan berupaya untuk melihat dan memanfaatkan teknologi informasi yang semakin cepat. Kedepan, mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok) akan kita perkuat lagi untuk melahirkan gagasan dan cara-cara kreatif”, paparnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00