Injak Usia Ke-62 Tahun, Untan Pontianak Harus Pandai Adaptasi di Era Kekinian

KBRN, Pontianak: Menginjak Usia Ke-62 Tahun, Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak menjadi momen yang sangat bermakna sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) Kalimantan Barat yang unggul. Idealnya di usia tersebut, Untan Pontianak sudah memasuki fase kematangan, terutama dalam menyelenggarakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang didasari tata kelola perguruan tinggi yang baik dan mengedepankan budaya luhur.

 “Dalam konteks kekinian, dimana dunia yang semakin cepat berubah yang terjadi di berbagai dimensi kehidupan menjadi tantangan tersendiri bagi Untan. Disrupsi yang terjadi karena pola teliti, uncertainty, complexity, dan ambiguity, harus dijawab dengan kemampuan adaptasi yang baik. Kesemua itu menurut rector, menuntut semua pihak untuk beradaptasi dan bertransformasi secara digital,”ungkap Rektor Untan Pontianak Prof. Dr. H. Garuda Wiko, SH, M.Si, saat membuka Dies Natalis Untan Ke-62 Tahun yang dilaksanakan secara Virtual Minggu (02/05/2021).

Rektor Untan Pontianak Garuda Wiko menambahkan, seiring menghadapi perubahan yang semakin cepat itu pula, menuntut perguruan tinggi untuk mengembangkan kerangka pikiran baru, kebiasaan dan perilaku baru, serta cara baru dalam melakukan sesuatu.

“Untuk itu penyelenggaraan pendidikan tinggi tidak hanya mengandalkan pada pembentukan hardskill saja,  tetapi secara inherent juga harus disertai pembentukan softskill yang meliputi kemampuan berkomunikasi, kecerdasan social, kemampuan beradaptasi dilingkungan social dan dunia kerja,”tukasnya.

Sementara itu, pada rangkaian Dies Natalis Untan Ke-62 Tahun, di isi berbagai kegiatan diantaranya Untan Development Forum 22-24 Juni 2021, Pameran Ekonomi Kreatif, Halal Lifestyle, dan Digital Festival, dilaksanakan pada 5 sd 10 Mei 2021, dan acara puncak Dies Natalis Untan akan digelar pada 20 Mei 2021 mendatang berupa Rapat Senat dan Orasi Ilmiah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00