FOKUS: #VAKSIN COVID-19

DAD Pastikan Ritual Naik Dango Patuhi Prokes

KBRN, Pontianak : Ketua DAD Kabupaten Landak Heri Saman memastikan, pelaksanaan ritual adat Naik Dango ke-36 yang berlangsung di Kabupaten Landak menerapkan  protokol kesehatan Covid-19. Selain penggunaan masker dan kelengkapan lainnya, jumlah undangan terbatas, begitu juga  perwakilan yang diutus dari 3 kabupaten.

“Sebelum melaksankan kegiatan ini kami diminta Bupati Landak untuk menerapkan protokol kesehatan dan aturan kebiasan baru, sehingga para perwakilan kontingen yang datang wajib melakukan swab antigen. Dan pelaksanaan Naik Dango ini memang benar-benar Kita lakukan untuk melaksanakan ritual adat saja,” katanya, Selasa (27/04/2021).

Meski tidak diadakan berbagai kegiatan seperti ritual adat tersebut dianggap sudah mewakili acara secara inti. Karena pelaksanaan adat masyarakat Dayak itu dilakukan sebagai bentuk syukur kepada Tuhan atas hasil panen padi tahun ini.

"Saya kira sudah cukup kita adakan kegiatan ritual, karena kondisinya ditengah pandemi. Kita juga sedang berlakukan pembatasan kegiatan masyarakat secara mikro," jelasnya. 

Sebelumnya, Bupati Landak Karolin Margret Natasa menegaskan siapapun yang melanggar aturan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro akan di swab di tempat. 

"Siapa yang masih berada diluar dan melewati jam operasional harus di swab oleh petugas kesehatan, hal ini bertujuan untuk memberikan efek jera kepada masyarakat yang tidak mau mengikuti aturan dan menerapkan protokol kesehatan,” katanya saat melaksanakan upacara kesiapsiagaan PPKM berbasis Mikro di halaman Kantor Bupati Landak, Senin (26/04) malam. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00